Puting Beliung Jember, Ika Tewas Tertimpa Pohon Tumbang

Bencana puting beliung kembali terjadi di 3 kecamatan yaitu Kecamatan Kaliwates, Sumbersari dan Patrang di Kabupaten Jember Jatim, Jumat

Puting Beliung Jember, Ika Tewas Tertimpa Pohon Tumbang
Puspen TNI
Sebanyak 1 SSK Prajurit Yonif Linud-330 Kostrad dikerahkan untuk membantu korban bencana angin puting beliung di Kp. Banjar, Desa Ganjar Sabar, Kec. Nagrek, Jawa Barat, Rabu (30/1/2013). Seperti diketahui akibat angin puting beliung yang menyapu desa tersebut pada hari Selasa lalu, menyebabkan sedikitnya 25 rumah warga rusak berat.

TRIBUNNEWS.COM, JEMBER - Bencana puting beliung kembali terjadi di 3 kecamatan yaitu Kecamatan Kaliwates, Sumbersari dan Patrang di Kabupaten Jember Jatim, Jumat (29/3/2013) pukul 14.30 WIB. Awan gelap kemudian terjadi hujan lebat diikuti angin kencang menumbangkan banyak pohon dan merusak ratusan rumah.

Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB, Sutopo Purwo Nugroho mellaui rilis yang dikirim ke redaksi Tribunnews menyebutkan, satu orang meninggal dunia bernama Ika (25) warga Kel Kebonsari, Kec Kaliwates tertimpa pohon tumbang dan bangunan rumah. Delapan orang luka-luka, 6 diantaranya luka ringan dan 2 orang luka sedang.

Korban langsung dirujuk di Puskesmas dan sudah pulang ke rumah. Total 391 rumah rusak akibat terjangan puting beliung, yaitu 19 rumah rusak berat, 135 rumah rusak sedang, dan 237 rumah rusak ringan.

Dari 391 rumah rusak tersebut, di Kecamatan Kaliwates, 27 rumah rusak ringan, 11 rumah rusak sedang, 8 rumah rusak berat. Di Kecamatan Patrang, 72 rumah rusak ringan, 103 rumah rusak sedang, dan 8 rumah rusak berat. Sedangkan di Kecamatan Sumbersari, 138 rumah rusak ringan, 21 rumah rusak sedang, dan 3 rumah rusak berat. Dua mushola dan masjid di Kaliwates juga mengalami kerusakan ringan.

Sebanyak 400 personel dari BPBD Jember, TNI, Polri, relawan dan masyarakat bergotong royong membantu masyarakat terkena bencana. Pohon-pohon tumbang dan puing-puing dibersihkan. BPBD Jember sudah membagikan 400 paket sembako. Masyarakat yang rumahnya rusak berat mengungsi ke rumah kerabatnya. Untuk pembersihan diperlukan waktu sekitar 2 sampai 3 hari.

Masyarakat diimbau untuk selalu waspada. Terlebih saat ini memasuki musim peralihan dari penghujan ke kemarau yang sering ditandai dengan puting beliung dan hujan berintensitas tinggi dalam durasi pendek.

Jember sudah beberapa kali diterjang puting beliung. Tahun 2012 puting beliung adalah jenis bencana paling banyak di Indonesia.

Editor: Dewi Agustina
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved