Breaking News:

Warga Tanggung Mulya Perlu Bahan Perbaiki Rumah

Terlihat rumah-rumah di desa itu kurang layak, jauh berbeda sebelum terjadinya musibah.

Istimewa
Warga Tanggung Mulya, Kediri. 

TRIBUNNEWS.COM, KEDIRI - Walau peristiwa meletusnya gunung Kelud telah terjadi lebih dari dua bulan, warga Desa Tanggung Mulya, Kecamatan Puncu, Kediri, belum memperbaiki rumahnya.

Terlihat rumah-rumah di desa itu kurang layak, jauh berbeda sebelum terjadinya musibah. Untuk membeli membeli bahan-bahan untuk memperbaiki rumah.

Ini mendorong lembaga Habitat for Humanitydan Lembaga Kemanusiaan Nasional PKPU, menyalurkan bahan material untuk perbaikan rumah warga, mulai Senin (5/5/2014) sampai Rabu (7/5/2014).

"Bantuan tahap awal yang disalurkan ditujukan untuk 58 rumah. Tiga bulan ke depan nanti 500 unit rumah akan dilakukan perbaikan," kata Presiden Direktur PKPU Agung Notowiguno, Kamis (8/5/2014).

Agung mengatakan bantuan yang diberikan tiap rumah masing-masing atap asbes 10 unit, kayu balok empat unit, gentong air dan cangkul.

Sebelum memberikan bantuan bahan perbaikan rumah warga terdampak ini, Habitat for Humanity dan PKPU mendistribusikan air bersih, bibit tanaman produktif, paket makanan pokok, bedah sekolah dan trauma healing selama fase awal tanggap darurat sampai transisi.

Erupsi besar gunung Kelud yang terjadi awal tahun 2014 menimbulkan kerugian besar bagi warga sekitar. Walaupun saat ini sudah masuk pada fase pemulihan dibutuhkan waktu untuk bisa mengembalikan aktifitas warga seperti sedia kala.(Eko Sutriyanto)

Penulis: Eko Sutriyanto
Editor: Rendy Sadikin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved