Berita Eksklusif Yogja

Andong Angkutan Wisata Berdaya Jual Tinggi

Prinsipnya, mobilitas tak bisa ditampung dengan jalan saja, pilihannya adalah ada angkutan utama, misalnya kereta api, bisa trem, MRT atau lainya.

Andong Angkutan Wisata Berdaya Jual Tinggi
KOMPAS/FERGANATA INDRA RIATMOKO
Jiyono memanfaatkan ekor kuda sebagai kuas untuk membuat garis pada andong yang sedang menjalani proses pengecatan di bengkel andong Punakawan, Desa Patalan, Jetis, Bantul, DI Yogyakarta, Selasa (11/6/2013). Selain menyediakan jasa perbaikan andong, bengkel itu juga melayani permintaan pembuatan kereta kuda dengan harga Rp 30 - 80 juta per unit. KOMPAS/FERGANATA INDRA RIATMOKO 

TRIBUNNEWS.COM, YOGYA - Berpredikat sebagai Kota Wisata, Kota Pendidikan serta Kota Budaya, membuat Yogyakarta memang istimewa.

Tak berlebihan kiranya bila masyarakat Yogya dan setiap orang yang datang ke kota ini mendambakan kenyamanan.

Salah satunya melalui ketersediaan moda transportasi yang mampu mengakomodir kepentingan tiga bidang yang disematkan untuk kota Yogya, yakni bidang wisata, pendidikan dan budaya.

Apresiasi patut diberikan pada pemerintah kota Yogya tatkala menyediakan bus Trans Jogja yang awalnya digadang-gadang bisa menjadi moda transportasi yang nyaman dan aman.

Sayangnya keberadaan Trans Jogja bagi sebagian masyarakat dirasa belum cukup menjangkau titik-titik terdekat fasilitas publik, khususnya objek wisata.

Saat ini, Yogyakarta mempunyai momentum bagus dengan label kota istimewanya yakni sebagai kota pendidikan, budaya dan wisata.

Apapun yang dilakukan harus bisa menjawab ke tiga hal tersebut sebagai temanya.

Salah satunya dengan transportasi. Bagaimana bisa menyediakan moda transportasi yang bisa mengakomodir ketiga bidang tersebut.

Seperti apa yang dilakukan kota Boston misalnya, sebagai kota yang bertema utama pendidikan, semua diarahkan ke bidang pendidikan.

Mereka pun memiliki transportasi yang mengakomodir bidang pendidikan.

Halaman
123
Editor: Yoni Iskandar
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved