Breaking News:

Bikin Kartu AK1 di Pasuruan Cuma 20 Menit

"Maksimal 20 menit, dan tidak dipungut biaya atau gratis," kata Agus Hernawan.

/Theo Rizky
Sejumlah warga mengantre untuk membuat kartu pencari kerja atau kartu kuning di Kantor Dinas Tenaga Kerja Pekanbaru, Jumat (6/9). Dalam seminggu terakhir, pembuat kartu kuning membludak hingga 200 orang per harinya dan kebanyakan para pembuat akan menggunakannya untuk keperluan mengikuti seleksi penerimaan CPNS. TRIBUN PEKANBARU/THEO RIZKY 

TRIBUNNEWS.COM,PASURUAN, SURYA - Bagi para pencari kerja yang akan melamar kerja harus memiliki Antar Kerja (AK1) atau biasa dikenal dengan nama kartu kuning.

Dengan memiliki kartu tersebut, para pencari kerja akan mendapatkan berbagai kemudahan untuk mendapatkan informasi lowongan pekerjaan.

Kepala Bidang Pelatihan dan Produktifitas (Latas) Dinas Tenaga Kerja Sosial dan Transmigrasi (Disnaakersostrans) Kabupaten Pasuruan, Agus Hernawan mengatakan, untuk mengurus kartu AK1 cukup mudah dan singkat.

"Maksimal 20 menit, dan tidak dipungut biaya atau gratis," kata Agus Hernawan.

Dikatakan Agus, bagi para pencari kerja yang akan membuat AK1 cukup membawa ijazah SD hingga ijazah pendidikan terakhir, foto berwarna ukuran 3x4, dan menunjukan KTP asli.

Setelah membawa persyaratan yang dibutuhkan, pencari kerja bisa mendatangi bagian pelatihan produktifitas dan penempatan dengan menunjukan kelengkapan berkas yang dibawa ke resepsionis.

Selanjutnya, pencari kerja akan diarahkan untuk ke meja pendaftaran untuk mengisi biodata.

Setelah itu, pencari kerja diarahkan ke penandatangan kartu oleh pengantar kerja, dan mendapat bimbingan karir.

Agus mengatakan, dengan memiliki kartu tanda pencari kerja atau AK1, pencari kerja akan diinformasikan apabila ada lowongan pekerjaan.

Informasi itu disampaikan melalui telepon atau melalui surat elektronik.

Halaman
12
Editor: Yoni Iskandar
Sumber: Surya
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved