Breaking News:

TNI/ Polri Kerahkan Ribuan Personel di Sail Selat Karimata 2016 Kayong Utara

sebanyak 1.699 orang personel TNI AL, akan dilibatkan dalam pelaksanaan Sail Selat Karimata 2016 di bulan Oktober mendatang

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/ TITO RAMADHANI
Rombongan 48 perwakilan kementerian dan lembaga disambut Wakil Bupati Kabupaten Kayong Utara, Idrus, sesaat setelah tiba di Pelabuhan Teluk Batang, Kayong Utara, Selasa (19/4/2016) 

Laporan Wartawan Tribun Pontianak, Tito Ramadhani

TRIBUNNEWS.COM, KAYONG UTARA - Asisten Operasi Kepala Staf TNI AL, Kolonel Mar I Ketut Suaria memaparkan, sebanyak 1.699 orang personel TNI AL, akan dilibatkan dalam pelaksanaan Sail Selat Karimata 2016 di bulan Oktober mendatang .

"Yang terdiri dari panitia pusat sebanyak 50 orang, 11 orang Satgas pengamanan, 14 protokol, 550 orang Satgas SBJ, 400 orang Pelantara, 332 orang LNRPB, 170 orang ENJ, 140 orang Demo, kemudian personel lainnya sebanyak 32 orang. '

'Jadi seluruh kekuatan yang dilibatkan ada 1.699 orang," paparnya dalam rapat bersama jelang Sail Selat Karimata 2016 dengan kementerian dan lembaga terkait, Pemerintah Provinsi Kalbar dan Pemerintah Kabupaten Kayong Utara (KKU) di Balai Praja Kantor Bupati KKU, Sukadana, Kayong Utara, Rabu (20/4/2016)

Sementara untuk alat utama, TNI AL akan mengerahkan sebanyak 15 KRI, empat unit pesawat Cassa, dua unit helikopter dan satu unit pesawat CN-235.

"Untuk kendaraan, bus VIP terdiri dari empat unit ditambah satu bus CAD dari Lantamal XII Pontianak."

"Kemudian untuk kendaraan kecil sebanyak 3 unit. Material sesuai dengan kebutuhan satuan tugas, dan akan dibawa dari homebase, Jakarta atau Surabaya," jelasnya

Usai menghadiri rapat bersama tersebut, Wakapolda Kalbar, Kombes Pol Joko Irianto juga menambahkan, sekitar 1200 personel akan dikerahkan untuk mengamankan pelaksanaan Sail Selat Karimata 2016 di Sukadana.

"1200-an, itu dari Polda, Polresta Pontianak, Polres Mempawah, juga Polres Sambas maupun Polres Ketapang. Dari Mabes kalau memang nanti kita minta, mungkin dibackup dari Polair," paparnya

Pengamanan tersebut menurut Wakapolda dimulai sejak jalur yang dilewati peserta Sail. Pola pengamanan dimulai sejak sebelum hingga akhir pelaksanaan Sail Selat Karimata 2016.

Halaman
12
Penulis: Tito Ramadhani
Editor: Sugiyarto
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved