Breaking News:

Kisah Asmara Nyoman Rai Srimben, Ibunda Putra Sang Fajar Soekarno

Sang Proklamator sekaligus Presiden ke-1 Republik Indonesia Soekarno lahir dari rahim Nyoman Rai Srimben. Berikut sekelumit ceritanya.

Tribun Bali/Rizal Fanany
Made Hardika (72) masih memiliki hubungan darah dengan silsilah keluarga besar Ni Nyoman Rai Srimben, ibunda Soekarno. Ia menunjukkan silsilah keluarga Rai Srimben di Banjar Bale Agung, Kelurahan Paket Agung, Singaraja, Buleleng, Bali, Jumat (7/10/2016). TRIBUN BALI/RIZAL FANANY 

Laporan Wartawan Tribun Bali, Lugas Wicaksono

TRIBUN-BALI.COM, BULELENG - Sang Proklamator sekaligus Presiden ke-1 Republik Indonesia Soekarno lahir dari rahim Nyoman Rai Srimben, wanita asal Banjar Bale Agung, Paket Agung, Buleleng, Bali.

Ada beragam kisah dramatis saat Rai Srimben menjalin asmara dengan Raden Soekemi, guru asal Blitar, Jawa Timur, hingga melahirkan Soekarno.

Bale Agung terletak sekitar 200 meter selatan simpang empat Tugu Catus Pata Kota Singaraja. Suasana klasik masih terlihat saat memasuki pemukiman rumah yang menjadi tempat lahir Srimben.

Beberapa bangunan lama masih dipertahankan, satu di antaranya yang paling terlihat adalah lima bangunan Jineng atau lumbung padi yang masih berdiri kokoh.

Di satu sudut bale, siang itu Made Hardika (72) sedang serius melukis potret Soekarno di atas kanvas. Pria ini adalah cucu dari generasi keempat keturunan Nyoman Rai Srimben.

Di usia senjanya Hardika lebih banyak menghabiskan waktunya dengan melukis. Sesekali ia menulis naskah cerita drama tentang Rai Srimben.

Hardika menceritakan, Srimben kecil tidak banyak mendapatkan kasih sayang dari orangtuanya. Ketika itu ibunya, Made Liran memutuskan untuk bercerai dengan ayahnya, Nyoman Pasek setelah menolak dimadu.

Anak kedua dari dua bersaudara ini kemudian tinggal bersama kakeknya Jro Mangku Nebel yang seorang pemangku di Pura Desa Bale Agung.

Srimben dirawat kakeknya sampai usia remaja. Layaknya gadis Bali pada umumnya kala itu, ia mengisi hari-harinya dengan menenun.

Halaman
123
Editor: Y Gustaman
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved