Breaking News:

Siswa SD Ciptakan Mainan Ular Tangga Khusus Tuna Netra

Karya mereka diganjar medali perak even internasional, yaitu International Exhibition for Young Inventors di Nagoya, Jepang pada 26-29 Juli 2017.

Laporan Wartawan Tribun Jateng, Rifqi Gozali

TRIBUNNEWS.COM, KUDUS - Hanun Dzatirrajwa (9) dan Izza Aulia Putri Purwanto (11) membuat mainan ular tangga khusus buat penyandan tuna netra.

Karya mereka diganjar medali perak even internasional, yaitu International Exhibition for Young Inventors di Nagoya, Jepang pada 26-29 Juli 2017.

Sebelum menyabet penghargaan internasional, atas idenya itu keduanya juga mendapat juara favorit nasional pada gelaran National Young Inventors Award.

Prestasi itulah yang kemudian direkomendasikan oleh Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) untuk ikut andil di even yang diselenggarakan di Nagoya, Jepang.

Di gelaran internasional itu, dua bocah itu tidak hanya menyabet perak, tetapi juga memeroleh penghargaan dari Technopol Moscow, Rusia.

Izza membeberkan, ide awal dari permainan itu karena masih terbatasnya media bermain bagi penyandang tuna netra.

"Alat permainan bagi tuna netra masih sangat terbatas, itu yang mendasari saya dan Hanun untuk membuat permainan bagi tuna netra," ujar siswi Kelas VI SDIT Al Islam Kudus.

Tidak perlu waktu lama bagi Hanun dan Izza, mereka hanya butuh sekitar seminggu untuk eksperimen membuat alat pemainan yang tak pernah orang lain fikirkan.

Halaman
12
Editor: Willem Jonata
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved