Lahan Percontohan BRG di Kepulauan Meranti Tak Tersentuh Api

Pemprov Riau menetapkan status siaga daruta kebakaran hutan dan lahan (karhutla) mulai 19 Februari sampai 31 Mei 2018, menyusul kebakaran lahan gambut

Lahan Percontohan BRG di Kepulauan Meranti Tak Tersentuh Api
ist
Lahan Percontohan BRG di Kepulauan Meranti Tak Tersentuh Api 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Pemprov Riau menetapkan status siaga daruta kebakaran hutan dan lahan (karhutla) mulai 19 Februari sampai 31 Mei 2018, menyusul kebakaran lahan gambut di Kabupaten Kepulauan Meranti.

Namun api sama sekali tidak menyentuh lahan percontohan Badan Restorasi Gambut (BRG) yang terletak di Kecamatan Tebing Tinggi Timur.

“Kabar lahan percontohan BRG di Kabupaten Meranti terbakar tidak benar,” kata Myrna Asnawati Safitri, deputi III Bidang Edukasi, Sosialisasi, Partisipasi, dan Kemitraan BRG.

“Laporan terakhir fasilitator desa yang kami tempatkan di sana, dan para mitra, menyebutkan lokasi percontohan BRG sama sekali tidak tersentuh api.”

Menurut Myrna, tahun 2017 BRG melakukan kegiatan intervensi di Kesatuan Hidrologi Gambut (KHG) Tebing Tinggi, membangun 34 sekat kanal, dan proyek percontohan tepat guna agar masyarakat mengatur tata kelola air, dan pengembangan pilot project perikanan rawa. Semua itu untuk mengedukasi masyarakat tentang cara memanfaatkan gambut tanpa membakar.

Amran, ketua Kelompok Masyarakat Peduli Gambut (MPG) Desa Lukun, Kecamatan Tebing Tinggi Timur, mengatakan lokasi kebakaran berada satu jam perjalanan menggunakan pompong menyusuri sungai. Areal terbakar berbatasan dengan lahan konsesi PT NSP.

“Lahan terbakar adalah perkebunan sagu masyarakat dan sangat jauh dari jangkauan permukiman masyarakat,” kata Amran.

“Sedangkan demplot pertanian kegiatan Desa Peduli Gambut dan demplot agroforestry kedeputian empat BRG berada di jalan poros Lukun-Sungai Tohor, sekitar satu kilometer dari permukiman.”

Berkaitan dengan karhutla, BRG melakukan koordinasi dengan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan serta Satgas Karhulta Provinsi untuk mendukung upaya reaksi cepat untuk mencegah kebakaran di lokasi target restorasi gambut.

Kepala BRG, Nazir Foead menjelaskan pihaknya mengambil tiga langkah terkait kebakaran.

Halaman
12
Editor: Toni Bramantoro
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved