Gempa di Sulteng

Bantu Pemulihan Sulteng XL Bangun Sekolah Darurat dan Infrastruktur Telekomunikasi

Jaringan yang telah sepenuhnya pulih tersebut memiliki fungsi yang cukup vital sebagai infrastruktur yang dibutuhkan

Bantu Pemulihan Sulteng XL Bangun Sekolah Darurat dan Infrastruktur Telekomunikasi
Istimewa
Direktur Teknologi XL Axiata, Yessie D. Yosetya bersama dengan Group Head Service Operations XL Axiata, Muhammad Farooq dan VP Region North XL Axiata, Desy Sari Dewi melakukan kunjungan ke salah satu Site di kelurahan Petobo, Palu yang terkena dampak akibat gempa bumi dan tsunami yang terjadi beberapa waktu lalu. Jumat (26/10). 

TRIBUNNEWS.COM -- PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) menegaskan turut membantu pemerintah dalam proses pemulihan kembali wilayah Sulawesi Tengah (Sulteng) pasca gempa bumi dan tsunami yang terjadi beberapa waktu yang lalu.

Direktur Teknologi XL Axiata, Yessie D. Yosetya, menyatakan XL Axiata akan berpartisipasi aktif dalam proses pemulihan (recovery), terutama dari sisi infrastruktur layanan telekomunikasi.

Selain itu, XL Axiata juga akan membantu pemulihan di bidang pendidikan melalui penyediaan sekolah darurat menggunakan fasilitas tenda yang dilengkapi dengan akses internet.

Direktur Teknologi XL Axiata, Yessie D Yosetya mengatakan, sesaat setelah bencana terjadi pihaknya langsung bergerak untuk menjaga jaringan sebisa mungkin agar tetap bisa dimanfaatkan masyarakat dan aparat untuk menyebarkan informasi ke luar Sulteng, hingga menyiapkan bantuan darurat untuk warga yang menjadi korban.

"Kami berharap dukungan dan bantuan yang kami sampaikan ini juga bisa turut meringankan saudara-saudara kira warga Palu dan sekitarnya,” kata Yessie dalam keterangan persnya, Jumat (26/10/2018).

Baca: Ucapan Terima Kasih Ezechiel Ndouassel untuk Bos Persib Bandung Bikin Bobotoh Penasaran

Menurut Yessie, XL Axiata telah memulihkan jaringan dan layanannya di seluruh wilayah Sulawesi Tengah sejak awal Oktober 2018 lalu.

Jaringan yang telah sepenuhnya pulih tersebut memiliki fungsi yang cukup vital sebagai infrastruktur yang dibutuhkan oleh semua pihak dalam proses recovery yang mencakup berbagi bidang.

XL Axiata juga akan siap mendukung masyarakat dan pemerintah daerah jika membutuhkan sarana pendukung semacam sistem penanganan bencana dengan memanfaatkan teknologi digital.

Mengenai bantuan untuk memulihkan aktivitas pendidikan, XL Axiata akan membangun sekolah darurat dengan menggunakan tenda besar. Sekolah ini akan didirikan di sejumlah titik, berkoordinasi dengan sekolah-sekolah yang membutuhkan.

Selain tenda, sekolah darurat ini nanti juga akan dilengkapi dengan akses internet cepat yang bisa dimanfaatkan sebagai perangkat penunjang pendidikan. Sementara itu, untuk perlengkapan belajar mengajar lainnya akan menggunakan perlengkapan sudah dimiliki pihak sekolah, seperti meja dan bangku, papan tulis, dan alat tulis.

Tenda yang dipergunakan memiliki ukuran cukup besar, dengan daya tampung hingga 30 orang. Tenda lapangan ini sejenis dengan tenda peleton yang biasa dipergunakan oleh TNI di lapangan untuk berbagai keperluan karena bisa dibentuk menjadi ruangan besar dan lapang. Untuk keperluan sekolah darurat ini, XL
Axiata menyiapkan sejumlah tenda, yang masing-masing tenda bisa dipergunakan oleh lebih dari satu sekolah secara bergantian. Saat ini, tim XL Axiata sedang berkoordinasi dengan instansi terkait dengan penyelenggaraan pendidikan di kota/kabupaten yang terlanda bencana, terutama di Palu dan Donggala.

Untuk tahap awal, sudah ada beberapa sekolah yang akan memanfaatkan tenda ini, antara lain SMP Negeri 4 Palu dan SMP Negeri 1 Sigi.

Editor: Hendra Gunawan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved