Inilah Penyebab Puting Beliung di Rancaekek dan Jumlah Korban

Insiden puting beliung yang terjadi pada Jumat sore ini tidak menimbulkan korban jiwa namun korban luka ringan mencapai kurang lebih 100 orang

Inilah Penyebab Puting Beliung di Rancaekek dan Jumlah Korban
BNPB
Ratusan rumah rusak setelah puting beliung melanda Desa Jelegong Kecamatan Rancaekek, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Jumat (11/1/2019) pukul 15.15 WIB. 

Laporan Wartawan Tribun Jabar  Indan Kurnia Efendi

TRIBUNNEWS.COM, BANDUNG - Angin puting beliung menerjang Rancaekek, Kabupaten Bandung, Jumat (11/1/2019) kemarin mengakibatkan 600 rumah mengalami kerusakan.

Camat Rancaekek, Baban Banjar menuturkan, terdapat 6 desa di Kecamatan Rancaekek yang terdampak angin puting beliung.

Rinciannya adalah Desa Rancaekek Wetan, Rancaekek Kulon, Kelurahan Kencana, Desa Bojongloa, Desa Jelegog dan Desa Tegal Sumedang. Dan yang terparah berada di Desa Jelegong.

"Untuk sementara ada sekitar 600 rumah yang terdampak. Di antaranya 150 rumah rusak parah," ungkapnya, Sabtu (12/1/2019).

Insiden puting beliung yang terjadi pada Jumat sore ini tidak menimbulkan korban jiwa namun korban luka ringan akibat tertimpa puing-puing rumah mencapai kurang lebih 100 orang.

Selain itu, ada dua orang yang terluka parah sehingga harus dilarikan ke rumah sakit.

"Korban jiwa tidak ada hanya luka-luka sekitar kurang lebih 100 orang. Kalau yang parah hanya 2 orang dan korban sudah dibawa ke Al Islam," katanya.

Baca: Foto-foto Kerusakan di Cianjur dan Sukabumi Setelah Diterjang Angin Puting Beliung dan Hujan Es

Terkait angin puting beliung yang melanda Rancaekek, Kabupaten Bandung, Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menjelaskan penyenyababnya.

Kepala Stasiun Geofisika Klas I Bandung, Toni Agus Wijaya, puting beliung  di Rancaekek  disebabkan pembentukan awan Cumulonimbus di sekitar wilayah Bandung pada Jumat sekitar pukul 15.10 WIB.

Halaman
12
Editor: Eko Sutriyanto
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved