Breaking News:

Selasa Siang, Gunung Merapi Semburkan Dua Kali Awan Panas

BPPTKG Yogyakarta masih menetapkan tingkat aktivitas Gunung Merapi pada Level II atau waspada.

Twitter BPPTKG
Gunung Merapi 

TRIBUNNEWS.COM, YOGYAKARTA - Gunung Merapi terpantau mengeluarkan dua kali awan panas guguran, Selasa (2/4). Awan panas guguran ini terjadi pada pukul 11.23 WIB dan 11.25 WIB.

Kepala Pos Pengamatan Gunung Merapi (PGM) Kaliurang, Sunarta, saat dikonfirmasi membenarkan terjadi dua kali awan panas guguran Gunung Merapi. "Iya betul," ujar Sunarta saat dikonfirmasi Kompas.com.

Berdasarkan data Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) Yogyakarta, awan panas guguran terjadi pada pukul 11.23 WIB dengan durasi 102 detik. Jarak luncur awan panas guguran 1.000 meter mengarah ke hulu Kali Gendol.

Baca: Isra Miraj 3 April 2019, Berikut 6 Amalan di Bulan Rajab yang Bisa Kalian Tunaikan

Sementara itu, awan panas guguran kembali terjadi pada pukul 11.25 WIB dengan durasi 93,8 detik. Jarak luncur awan panas guguran 900 meter mengarah ke hulu Kali Gendol.

BPPTKG Yogyakarta masih menetapkan tingkat aktivitas Gunung Merapi pada Level II atau waspada.

Selain itu, kegiatan pendakian Gunung Merapi juga tidak direkomendasikan untuk sementara waktu, kecuali untuk kepentingan penyelidikan dan penelitian berkaitan dengan upaya mitigasi bencana.

Warga juga diminta menjauh dan tidak beraktivitas dalam radius 3 km dari puncak Gunung Merapi. (Kontributor Yogyakarta, Wijaya Kusuma)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Selasa Siang, Gunung Merapi Luncurkan Dua Kali Awan Panas"

Editor: Sanusi
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved