Puluhan Kotak Suara Dirusak, Diduga untuk Gelembungkan Suara 

Perusakan diduga dilakukan untuk memuluskan langkah pelaku mengambil form dari dalam kotak tersebut

Puluhan Kotak Suara Dirusak, Diduga untuk Gelembungkan Suara 
SERAMBINEWS.COM/BUDI FATRIA
Petugas berjaga di kotak suara saat pemungutan suara ulang 

TRIBUNNEWS.COM, ACEH - Puluhan kotak suara yang disimpan di balai desa Kecamatan Seunuddon, Aceh Utara, ditemukan pada 24 April dalam keadaan sudah dirusak kabel tiesnya.

Perusakan diduga dilakukan untuk memuluskan langkah pelaku mengambil form dari dalam kotak tersebut sehingga secara leluasa menggelembungkan suara untuk caleg dari sebuah partai nasional.

Perusakan puluhan kotak suara yang diikuti dengan penggelembungan suara tersebut merugikan seorang caleg Partai Keadilan Sejahtera (PKS) bernama Mawardi karena perolehan suaranya jadi berkurang.

Sebaliknya, caleg yang diuntungkan karena jumlah suaranya bertambah itu merupakan caleg dari partai yang lahir pada awal reformasi di Indonesia.

“Awalnya kami mendapat informasi dari saksi bahwa ada kotak suara di balai desa yang sudah rusak dan ternyata benar. Ada puluhan kotak suara untuk semua tingkatan caleg yang sudah dirusak kabel tiesnya. Sedangkan yang tidak dirusak masih tersegel,” ungkap Koordinator Daerah Pemilihan (Dapil) VI PKS, Zulkifli kepada Serambi di Lhoksukon, Minggu (28/5).

Padahal, lanjut Zulkifli, rapat pleno sudah diadakan pada 20-22 April lalu.

Baca: Divisi Humas Polri Komentari Video Viral Polisi Aceh Momong Anak Saat Jaga Kotak Suara

Perusakan diduga dilakukan sesudah tanggal itu dan diketahui pada 24 April.

Kemudian pihaknya melaporkan kejadian itu kepada Panitia Pengawas Kecamatan (PPK).

“Lalu setelah diperiksa form C1, ternyata rekap suara pada nama caleg kami sudah berkurang. Sebaliknya suara untuk caleg dari sebuah partai nasional malah bertambah. Suara yang ditambah bervariasi. Misalnya 35 jadi 105,” ujar Zulkifli.

Disebutkan, suara yang ditambah tersebut berasal dari suara caleg PKS atas nama Mawardi yang dialihkan kepada seorang caleg parnas.

Baca: Ini Fakta Terbaru Video Panas Cut Tari & Ariel Noah 9 Tahun Silam, Hotman: Cut Tari Ngaku 3 Kali

Halaman
12
Editor: Eko Sutriyanto
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved