Mahasiswa Fisipol UGM Dapat Sarapan Gratis Saat Ujian Semester

Fisipol UGM membuat program sarapan gratis bagi mahasiswanya di setiap pekan Ujian Tengah Semester (UTS) dan Ujian Akhir Semester (UAS) berlangsung.

Mahasiswa Fisipol UGM Dapat Sarapan Gratis Saat Ujian Semester
IST/IG @FisipolUGM
Mahasiswa Fisipol UGM Bisa Sarapan Gratis Sebelum Ujian Tengah Semester 

TRIBUNNEWS.COM, JOGJA - Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Gadjah Mada (Fisipol UGM) membuat program sarapan gratis bagi mahasiswanya di setiap pekan Ujian Tengah Semester (UTS) dan Ujian Akhir Semester (UAS) berlangsung.

Masalah perut memang menjadi isu klasik bagi mahasiswa khususnya yang tinggal di tempat kos.

Jika masa ujian tiba, malam hari bisa dihabiskan untuk mempelajari materi atau mengerjakan tugas ujian take home yang harus dikumpulkan esok hari.

Gadis Pemulung Ini Sukses Dapat Beasiswa dan Jadi Lulusan Terbaik di Australia

Ujian pagi dimulai pukul 07.30, hal ini cukup memaksa mahasiswa untuk melewatkan kegiatan sarapan dan segera bergegas ke kampus mengikuti ujian dengan kondisi perut kosong.

Menyadari fenomena ini, Fisipol UGM mengadakan program Fisipol Free Breakfast yang bisa dinikmati oleh semua mahasiswanya yang hendak mengikuti ujian di jam-jam pagi.

Berdasarkan keterangan dari Head of Academics and Student Affair Fisipol UGM Bernadia Arimurti, program ini sudah berlangsung selama tiga semester.

"Itu sudah setiap Ujian Tengah Semester dan Ujian Akhir, sudah tiga semester ini. Satu tahunan, lah," kata Ari saat dihubungi, Kamis (20/6/2019) siang.

Ide awal untuk memberikan sarapan gratis bagi mahasiswa muncul dari banyaknya temuan atau kasus mahasiswa yang mengalami masalah kesehatan ringan saat ujian.

"Beberapa mahasiswa kan belajar sampai malam, kemudian habis ujian kadang langsung lemas di UKS kita, dia tiduran di situ. Ada juga mahasiswa yang di tengah ujian asam lambung naik," ucap Ari.

Dari latar belakang itu kemudian muncul ide dari berbagai pihak, termasuk Dekan, untuk menyediakan sarapan gratis di kampus yang akan memudahkan mahasiswa mengisi perut sebelum masuk ke dalam kelas.

"Ternyata Pak Dekan berpikir ‘kalau mahasiswa ujian belajar sampai malam terus langsung ujian satu jam atau dua jam, pasti dia akan kelaparan’. Kemudian saat rapat pimpinan diputuskan untuk mengadakan program ini," ucap Ari.

Setiap pagi selama masa ujian berlangsung, yakni dua pekan, mulai dari jam 07.00 pihak Kampus siap menyediakan 300 bungkus sarapan gratis dan bisa diambil oleh mahasiswa cukup dengan mengisi presensi yang telah disediakan.

"Yang pertama kami menyiapkan teh sekitar 90 gelas, terus susu kami menyiapkan 250 cup, terus untuk sarapannya kami siapkan 300," ucap Ari.

Pendanaan program ini bersumber dari donasi alumni juga dosen-dosen yang aktif mengajar di Fisipol UGM. (Luthfia Ayu Azanella)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Fisipol UGM Sediakan Sarapan Gratis untuk Mahasiswa Saat Masa Ujian"

Editor: Sugiyarto
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved