Anak Muda Kagum dengan Perlengkapan Bertani Indonesia

Mentan Amran Sulaiman, menjelaskan bahwa metode ini terbukti mampu meningkatkan produktivitas sampai 0,3-1,8t atau 3,5–30,6 persen.

Anak Muda Kagum dengan Perlengkapan Bertani Indonesia
Ist for ribunnews.com
Teknologi alat pertanian. 

TRIBUNNEWS.COM, SIDOARJO - Penerapan teknologi pertanian semakin memikat anak muda di tanah air.

Farid (35) - seorang di antaranya, mengaku kagum dengan perlengkapan teknologi pertanian yang diterapkan pemerintah sejak memasuki era revolusi industri 4.0. Menurut dia, kemajuan ini bahkan lebih pesat dari perkembangan teknologi sektor lain.

"Saya baru tau ada drone penebar benih dan traktor alat pemanen pengering. Semuanya bergerak dengan kekuatan komputer. Jadi semuanya tinggal klik," ujar pemuda asal Desa Junwangi saat  ramah tamah pada peluncuran pertanian modern di Sidoarjo, Jawa Timur, Sabtu (29/6/2019).

Farid mengatakan penggunaan teknologi pada lahan pertanian Indonesia akan berdampak baik pada sisi kesejahteraan petani. Apalagi jika penggunaan alat ini mampu memacu hasil produksi secara signifikan.

Llllkgg
Teknologi alat pertanian.

Kata dia, pola ini sekaligus membuktikan bahwa Indonesia selangkah lebih maju dari negara-negara agraris di dunia.

"Saya dengar sebagian alat yang dipakai merupakan buatan dalam negeri. Ini namanya ada perkembangan yang pesat pada sektor pertanian kita, atau lebih pesat dari pertanian negara lain," katanya.

Baca: Menuju Pertanian 4.0, Kementan Gencar Modernisasikan Alsintan di Daerah

Lebih dari itu, Farid mengaku bangga karena nyaris semua hasil panen bisa dibeli lewat internet dengan sistem online. Terlebih kemudahan ini bisa diakses oleh masyarakat luas dengan mengunjungi website resmi toko tani kementerian pertanian.

"Beli sayur mayur, daging, telur, buah dan hasil produksi petani bisa dengan menekan klik. Sebagai anak muda, saya juga merasa tertantang dengan perkembangan yang ada ini," katanya.

Sementara itu, Mahasiswi Universitas Negeri Surabaya (Unesa), Aldila (23) mengaku senang dengan perlengkapan bertani yang dipamerkan pemerintah melalui launching 4.0 di Sidoarjo.

"Saya kan bukan anak pertanian basic nya, tapi saya jadi seneng dengan pertanian. Apalagi saya melihat langsunh teknologi yang ada. Dari sini, saya juga punya pengalaman baru," katanya.

Halaman
12
Editor: Hasanudin Aco
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved