Gempa di Banten

Gempa Banten, 1.050 Pengungsi di Lampung Sudah Kembali ke Rumah Masing-masing

"Sampai sore ini air laut tidak ada perubahan. Seluruhnya aman dan semua pengungsi sudah pulang ke rumah masing-masing," imbuhnya

Theresia Felisiani/Tribunnews.com
Pelaksana Harian (Plh) Kepala Pusat Data, Informasi dan Humas BNPB Agus Wibowo saat memberikan keterangan pers terkait penanganan Gempa Banten, Sabtu (3/8/2019) di Graha BNPB, Pramuka, Jakarta Timur. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com Theresia Felisiani

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - ‎Berdasarkan data Sabtu (3/8/2019) pagi tadi, sebanyak 1.050 warga di Lampung dan Lampung Selatan mengungsi karena gempa di Banten bermagnitudo 6.9 yang terjadi pada Jumat (2/8/2019) pukul 19.03 WIB‎ kemarin.

Pelaksana Harian (Plh) Kepala Pusat Data, Informasi dan Humas BNPB Agus Wibowo ‎menyampaikan seluruh pengungsi tersebut sudah kembali ke rumahnya masing-masing.

Baca: Sunda Megathrust dalam Keadaan Kritis dan Bakal Picu Gempa 9 SR? Para Ahli: Itu Hoaks

"‎Sebelumnya disampaikan ada 1.050 jiwa mengungsi. 1.000 jiwa mengungsi di halaman kantor Gubernur Prov Lampung. Di Kabupaten Lampung Selatan kurang lebih 50 orang mengungsi di EX Hotel Lima Enam (HUNTARA).‎ Mereka seluruhnya sudah pulang, tidak ada lagi yang mengungsi," tutur Agus saat ditemui di Graha BNPB, Pramuka, Jakarta Timur, Sabtu (3/8/2019) sore.

Agus melanjutkan sebelumnya ada juga laporan 30 warga dan 11 anak-anak mengungsi di Terminal Pelabuhan Lebak.

Mereka juga sudah kembali ke rumah masing-masing.

"Sampai sore ini air laut tidak ada perubahan. Seluruhnya aman dan semua pengungsi sudah pulang ke rumah masing-masing," imbuhnya.

Untuk diketahui, gempa magnitudo 6.9 yang terjadi pada Jumat (2/8/2019) pukul 19.03 WIB‎.

Gempa tersebut berlokasi 147 KM barat Daya Sumur, Banten dan berpotensi tsunami.

Beruntung pukul 21.35 WIB, BMKG ‎telah menyatakan peringatan dini tsunami yang disebabkan gempa berakhir.‎

Baca: Data Terbaru dari BNPB: 4 Orang Meninggal Dunia Akibat Gempa Banten

‎Kepala BNPB Letjen Doni Monardo sejak pagi tadi sudah berada di Pandeglang untuk memantau langsung penanganan dampak gempa.

Semestinya subuh tadi Doni bertolak ke Palangkaraya dan Pontianakuntuk meninjau satgas kebakaran hutan dan lahan namun dia menunda dan memutuskan ke Banten, terkait gempa.

Gempa Banten telan 4 korban jiwa

Dinding rumah di Tasikmalaya ambruk setelah diguncang gempa Banten.
Dinding rumah di Tasikmalaya ambruk setelah diguncang gempa Banten. (Istimewa)

Pelaksana Harian (Plh) Kepala Pusat Data, Informasi dan Humas BNPB Agus Wibowo ‎menyampaikan data terkini seputar perkembangan gempa di Banten bermagnitudo 6.9 yang terjadi pada Jumat (2/8/2019) pukul 19.03 WIB‎.

Halaman
12
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved