Hari Masyarakat Adat Internasional

Satgas Yonif 411 Kostrad Bersama Suku Kanum Peringati Hari Masyarakat Adat

Perayaan HIMAS digelar setiap tanggal 9 Agustus oleh PBB dan Masyarakat Adat di berbagai negara, termasuk Indonesia

Satgas Yonif 411 Kostrad Bersama Suku Kanum Peringati Hari Masyarakat Adat
Puspen TNI
Pos Rawabiru Satgas Yonif MR 411 Kostrad bersama Suku Kanum menggelar acara peringatan Hari Internasional Masyarakat Adat Sedunia (HIMAS) di Kampung Rawabiru, Distrik Sotta, Kabupaten Merauke pada Jumat (9/8/2019) 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Gita Irawan

TRIBUNNEW.COM, JAKARTA - Pos Rawabiru Satgas Yonif MR 411 Kostrad bersama Suku Kanum menggelar acara peringatan Hari Internasional Masyarakat Adat Sedunia (HIMAS) di Kampung Rawabiru, Distrik Sotta, Kabupaten Merauke pada Jumat (9/8/2019).

Perayaan HIMAS digelar setiap tanggal 9 Agustus oleh PBB dan Masyarakat Adat di berbagai negara, termasuk Indonesia.

Baca: Anggota Komisi 1 Dukung Pelibatan TNI Jaga Infrastruktur Kelistrikan

Dalam perayaan di Kampung Rawabiru, acara dimeriahkan dengan kegiatan Kirab Keliling Kampung sambil memainkan alat musik khas Suku Kanum, tarian adat dan bernyanyi bersama, di akhiri dengan acara makan-makan bersama di Pos Rawabiru.

Dansatgas Yonif MR 411/Pandawa Kostrad Mayor Inf Rizky Aditya mengatakan bahwa kegiatan yang dilaksanakan di Pos Rawabiru bersama Suku Kanum merupakan salah satu upaya menjaga persatuan dan kesatuan bangsa melalui budaya adat.

Baca: Menteri LHK Siti Nurbaya: Presiden Jokowi Menyayangi Masyarakat Hukum Adat

Baca: Refleksi Perjalanan 20 Tahun AMAN, Festival Masyarakat Adat Undang Komunitas Batak sampai Papua

HARI MASYARAKAT ADAT INTERNASIONAL - 12  komunitas masyarakat adat yang  didampingi  Aliansi Masyarakat Adat Nusantara (AMAN) Tano Batak datang dari kawasan Danau Toba mengikuti acara peringatan Hari Jadi Ke-20 AMAN sekaligus Perayaan Hari Masyarakat Adat Internasional 2019 di Taman Ismail Marzuki, Jakarta, Jumat Malam (9/8/2019). Acara dibuka Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya Bakar.
HARI MASYARAKAT ADAT INTERNASIONAL - 12 komunitas masyarakat adat yang didampingi Aliansi Masyarakat Adat Nusantara (AMAN) Tano Batak datang dari kawasan Danau Toba mengikuti acara peringatan Hari Jadi Ke-20 AMAN sekaligus Perayaan Hari Masyarakat Adat Internasional 2019 di Taman Ismail Marzuki, Jakarta, Jumat Malam (9/8/2019). Acara dibuka Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya Bakar. (Hand-out)

“Kita (Satgas) akan selalu membina hubungan baik dengan masyarakat, salah satunya adalah dengan melestarikan budaya adat setempat, sehingga kedepan akan tercipta ikatan kekeluargaan yang kuat antara Satgas dan Masyarakat di sekitar pos,” kata Rizky sebagaimana disampaikan Pasi Intel Satgas Yonif MR 411 Kostrad, Lettu Inf Asep Saepudin dalam keterangan resmi Puspen TNI pada Jumat (9/8/2019).

Komandan Pos Rawabiru Letda Inf Raden Adityas menyampaikan bahwa kita (Satgas) bersama-sama warga Kampung Rawabiru mengadakan acara peringatan Hari Internasional Masyarakat Adat Sedunia sebagai bentuk melestarikan budaya adat guna mempererat hubungan silaturahmi dengan masyarakat.

Baca: Festival Masyarakat Adat, Refleksi Perjalanan AMAN

Kepala Suku Harun Khoi Dimar menyampaikan ucapan terima kasih banyak kepada prajurit TNI dari Satgas Yonif MR 411 Kostrad yang telah menyelenggarakan acara peringatan Hari Masyarakat Adat Sedunia di Kampung Rawabiru.

“Semoga semakin memperat hubungan silaturahmi kita semua,” kata Dimar.

Penulis: Gita Irawan
Editor: Imanuel Nicolas Manafe
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved