4 Fakta Kebakaran Kilang Pertamina Balikpapan, Sumber di Pipa Hingga Dinilai DPRD Sebagai Kecolongan

Kali ini kebakaran yang terjadi di Kota Balikpapan, Kalimantan Timur di area kilang minyak RU V Pertamina

TRIBUNNEWS.COM, BALIKPAPAN - Kali ini kebakaran yang terjadi di Kota Balikpapan, Kalimantan Timur di area kilang minyak RU V Pertamina, melanda secara mendadak, membuat banyak pihak pun kaget, terutama mereka warga masyarakat yang berada di Kota Balikpapan, Kalimantan Timur.

Seperti halnya, ada yang berada tinggal di Kecamatan Balikpapan Barat pun mengaku kaget tidak mengira jika di area Pertamina juga bisa mengalami hal yang tidak diinginkan, seketat keselamatan kerja Pertamina pun bisa saja kejadian kebakaran.

Satu di antaranya, Suharto, warga Pandan Arum, Kelurahan Karang Jati, Balikpapan Barat mengaku tak kuasa saat melihat ada momen kebakaran di area kilang minyak Pertamina, Kota Balikpapan, Kalimantan Timur.

Kejadian pas pagi hari, sekitar dia lihat jam 09.15 Wita. "Tidak ada suara ledakan. Saya lihat langsung asap dan api saja," katanya.

Pengamatan Tribunkaltim.co, di lokasi kejadian kebakaran kilang minyak Pertamina. Ada beberapa hal fakta yang ditemukan di lapangan.

1. Bukan Datang Dari Cerobong Asap

Sebelum ada peristiwa kebakaran di kilang minyak, tersiar kabar ada surat edaran yang memberi imbauan kepada warga untuk tidak panik jika ada kepulan asal di area sekitar kilang minyak karena masih dalam proses pembersihan perawatan.

Namun dari hasil jepretan foto drone Tribunkaltim.co terungkap, sumber asap bukan dari cerobong asap yang notabene biasa dilakukan pembersihan. Sumber kepulan asap terlihat dari titik pipa yang berada menempel dengan daratan bumi.

Kebakaran terjadi di proyek Refinery Development Master Plan (RDMP) Pertamina Kota Balikpapan, Provinsi Kalimantan Timur pada Kamis (15/8/2019) pagi.
Kebakaran terjadi di proyek Refinery Development Master Plan (RDMP) Pertamina Kota Balikpapan, Provinsi Kalimantan Timur pada Kamis (15/8/2019) pagi. (Tribunkaltim.co/fachmi rachman)
2. Kejadiannya Tidak Sekali, Menyala Redup, Hidup Mati Lagi

Kali ini kebakaran yang terjadi di kilang minyak pada Kamis (15/8/2019) pagi ini membuat kaget, apalagi peristiwa kepulan asap hitam yang membumbung tinggi ini tidak hanya sekali terjadi. Sekitar 40 menit api membumbung tinggi lalu redup.

Tetapi lama, kemudian datang lagi tentu hal ini membuat kebingung beberapa orang, bahkan membuat kehawatiran masyarakat awam yang tidak mengeri akan dunia minyak gas.

Baca berita selengkapnya di >>>>>>>>>>>>>>>>>>>

Editor: ade mayasanto
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved