Kecelakaan Maut di Cipularang

Deretan Fakta Tol Cipularang, Sering Kecelakaan hingga Pernah Ambles 2 Kali

Kecelakaan hebat kembali terjadi di Tol Purbaleunyi (sebelumnya disebutkan Tol Cipularang), tepatnya pada KM 91 arah Jakarta

Deretan Fakta Tol Cipularang, Sering Kecelakaan hingga Pernah Ambles 2 Kali
Tribun Jabar/Gani Kurniawan
Petugas mengevakuasi bangkai kendaraan pascatabrakan beruntun di Tol Cipularang KM 91, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat, Senin (2/9/2019). Tabrakan beruntun yang melibatkan 21 kendaraan tersebut mengakibatkan delapan orang meninggal dunia dan sejumlah orang lainnya luka-luka. Tribun Jabar/Gani Kurniawan 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Kecelakaan hebat kembali terjadi di Tol Purbaleunyi (sebelumnya disebutkan Tol Cipularang), tepatnya pada KM 91 arah Jakarta, sekitar pukul 12.30 WIB, Senin (2/9/2019).

Berdasarkan kabar terakhir, kecelakaan beruntun tersebut melibatkan 21 kendaraan yang menewaskan delapan orang.

Kecelakaan di ruas tol yang beken dengan nama Cipularang memang bukan yang pertama.

Kompas.com mencatat ada beberapa kecelakaan di ruas tol tersebut yang memakan korban jiwa.

Salah satu korban jiwa yang meninggal karena kecelakaan di tol yang menghubungkan Bandung dan Jakarta adalah Ketua DPRD Banjar dan Virginia Anggraeni, istri penyanyi dangdut Saipul Jamil.

Sejumlah kecelakaan maut dan memakan korban jiwa di Tol Cipularang bahkan menginspirasi sineas Indonesia memproduksi film bergenre horror.

Sebut saja film KM 97 yang dirilis pada 21 Maret 2013 serta film Tumbal 97 yang diproduksi pada September 2014.

Kajian agar tidak berulang

Dikutip dari Antaranews.com, terkait seringnya kecelakaan di wilayah tol tersebut, Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan Budi Setiyadi mengatakan turunan dan cekungan di kilometer 91 Tol Cipularang, menjadi faktor yang menyulitkan pengendara mengendalikan laju kendaraan yang bisa mengakibatkan kecelakaan.

"Secara geometrik kondisi jalanan di Tol Cipularang KM 91 arah Jakarta ada turunan dan cekungan, jadi banyak pengendara yang sulit mengendalikan laju kendaraan," ujar Budi, dalam konferensi pers di Jakarta, Senin (2/9/2019).

Halaman
123
Editor: Sanusi
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved