Ganjar Main Ketoprak jadi Berandal

Kisah yang mengangkat tentang cerita asal usul Sunan Kalijaga itu diperankan begitu menarik oleh sejumlah pemain, salah satunya Gubernur Jawa Tengah.

Ganjar Main Ketoprak jadi Berandal
Pemprov Jateng
Gubernur Ganjar Pranowo bermain ketoprak dengan lakon "Pandanaran Kawisudho" memperingati Hari Radio ke 74 di Auditorium RRI Semarang, Jum'at (13/9) malam. Dalam pementasan tersebut Gubernur Ganjar berperan sebagai Berandal Lokajaya (tokoh muda Sunan Kalijaga). 

TRIBUNNEWS.COM, SEMARANG - Kisah Legenda Brandal Lokajaya diangkat dalam pentas ketoprak di auditorium RRI Semarang, Jumat (13/9) malam. Kisah yang mengangkat tentang cerita asal usul Sunan Kalijaga itu diperankan begitu menarik oleh sejumlah pemain, salah satunya Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo.

Berperan sebagai Brandal Lokajaya, penampilan Ganjar malam itu begitu menyeramkan. Mengenakan pakaian merah dan berwajah cemang-cemong serta berambut gondrong, Ganjar nampak seram dan garang saat pertama muncul dalam pementasan pentas ketoprak dengan lakon Pandanaran Kawisudho itu.

Namun bukan Ganjar namanya kalau tidak usil. Alih-alih menyeramkan, aksi Ganjar justru membuat ger-geran karena tingkah lucunya.

Seperti misalnya saat berdialog dengan para brandal yang menjadi anak buahnya, kata-kata yang dilontarkan Ganjar membuat para pengunjung terpingkal-pingkal. Saat melihat anak buahnya sedang mabuk-mabukan, Ganjar menegur dengan bahasa lucu.

"Lha iki, dikongkon mbegal malah do mendem (disuruh merampok malah mabuk-mabukan)," kata Ganjar.

"Nggo anget-anget, kang (buat menghangatkan badan, kakanda), kene melu (sini ikut)," jawab anak buah Ganjar.    

Ganjar pun kemudian duduk dan mencium air di dalam gelas itu. Air yang dalam adegan sebenarnya adalah minuman keras, namun Ganjar menceritakan yang sebenarnya.

"Lha iki teh kok, mosok ngombe teh iso mendem (lha ini teh kok, masak minum teh bisa mabuk)," kata Ganjar ditertawakan oleh pengunjung.

Baca: Saat Ganjar Pranowo Tampil Sangar Jadi Begal, Sang Istri: Serem, Untung Aku Tidak Nonton

Adegan lucu lain adalah saat Brandal Lokajaya yang diperankan Ganjar bertemu dengan Sunan Bonang. Melihat tongkat yang dibawa Sunan Bonang berbentuk emas, Brandal Lokajaya berusaha merebutnya.

Namun karena kesaktian Sunan Bonang, Brandal Lokajaya yang diperankan Ganjar tidak berhasil merebut tongkat itu. Ia justru terjatuh dan terpental. Nah saat terpental itulah, Ganjar justru tidur dengan kaki ongkang-ongkang layaknya anak kecil.

Halaman
12
Editor: Content Writer
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved