Kabut Asap

Hari Ini Potensi Awan Hujan Di Jambi Diprediksi Muncul, Operasi Hujan Buatan Pun Dioptimalkan

Hammam pun berharap agar operasi TMC pada 24 September ini kembali menghasilkan hujan di Jambi, seperti yang terjadi

istimewa
Mulai Senin kemarin datang 2 Pesawat tambagan untuk perkuatan untuk operasi Teknologi Modifikasi Cuaca / hujan buatan di Pekanbaru yaitu Cassa 212-200 kapasitas 1 ton dan Hercules C-130 kapasitas 4 ton. 

Laporan Wartawan Tribunnews, Fitri Wulandari

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Perluasan terhadap penanganan kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di Sumatra, melalui pengoperasian Teknologi Modifikasi Cuaca (TMC) telah dimulai pada Senin (23/9/2019).

Jambi menjadi provinsi selanjutnya di pulau Sumatra yang ditargetkan dalam operasi TMC.

Setelah sukses menghasilkan hujan di Jambi pada hari yang sama, operasi TMC yang dilakukan BPPT melalui Balai Besar Teknologi Modifikasi Cuaca (BBTMC) akan terus dioptimalkan pada Selasa (24/9/2019).

Hal itu karena berdasar hasil pantauan dari posko TMC di Pekanbaru dan Palembang, serta data dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), akan ada potensi awan hujan yang muncul pada hari ini.

Seperti yang disampaikan Kepala Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) Hammam Riza.

"Hasil pantauan dan berdasar data BMKG imbuhnya, menunjukkan adanya potensi awan hujan di Jambi," ujar Hammam, di Jakarta, Senin (23/9/2019).

Awan hujan itu merupakan objek yang akan disemai garam atau Natrium Klorida (NaCl) untuk menghasilkan hujan buatan.

Hammam pun berharap agar operasi TMC pada 24 September ini kembali menghasilkan hujan di Jambi, seperti yang terjadi pada Senin kemarin.

"Data menunjukkan potensi awan hujan yang cukup tinggi pada esok tanggal 24 September. Kami harap dan doa, semoga hujan dapat segera turun di Jambi," jelas Hammam.

Halaman
123
Penulis: Fitri Wulandari
Editor: Hendra Gunawan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved