Telkomsel Akselerasikan Pengembangan Konsep Smart City di Provinsi Gorontalo

Kolaborasi tersebut ditandai dengan penandatanganan nota kesepahaman (MoU) oleh unit Small Medium Enterprise Management Telkomsel

Telkomsel Akselerasikan Pengembangan Konsep Smart City di Provinsi Gorontalo
Istimewa
VP Small Medium Enterprise Telkomsel Seow Chuen Yong (depan), GM SME Sales Management East Area Telkomsel Handoyo Hadi (kedua kanan) bersama Bupati Gorontalo Nelson Pomalingo (ketiga kanan) dan Wakil Bupati Gorontalo Utara Thariq Modanggu (paling kiri) saat menandatangani nota kesepahaman(MoU) kolaborasi Telkomsel dengan sejumlah Pemerintah Daerah (Pemda) di Provinsi Gorontalo 

TRIBUNNEWS.COM -- Operator telekomunikasi terbesar di Indonesia Telkomsel mengumumkan kolaborasi dengan sejumlah Pemerintah Daerah (Pemda) di Provinsi Gorontalo untuk bersinergi mengembangkan konsep smart city melalui sejumlah solusi telekomunikasi berbasis digital yang ditawarkan oleh Telkomsel.

Kolaborasi tersebut ditandai dengan penandatanganan nota kesepahaman (MoU) oleh unit Small Medium Enterprise Management Telkomsel bersama Bupati dari Kabupaten Gorontalo dan Kabupaten Gorontalo Utara di Jakarta (28/10).

Vice President Small Medium Enterprise Management Telkomsel Seow Chuen Yong Nicholas mengatakan, kolaborasi ini menjadi bentuk komitmen Telkomsel untuk dapat aktif berperan serta membantu pemerintah dalam mengakselerasikan negeri melalui sinergi bersama institusi pembangunan daerah, sekaligus mewujudkan pembangunan nasional, dengan pemanfaatan teknologi tepat guna.

Baca: Borok-borok Sekolah Terungkap Setelah Pelajar Tikam Guru, SMK Ichtus Akhirnya Ditutup

Baca: Aksi Supriadi Selamatkan Istri Saat Terlilit dan Akan Dimansa Ular Piton Sepanjang 6 Meter

Baca: Dimajukan Lebih Cepat 2 Tahun, Indonesia Stop Ekspor Nikel Demi Pengembangan Mobil Listrik

Baca: SAH! Jokowi Resmi Teken Perpres, Iuran BPJS Kesehatan Semua Kelas Naik Mulai 2020, Ini Besarannya

Dalam keterangan persnya disebutkan, kolaborasi bersama tiga Pemda di Provinsi Gorontalo tersebut, Telkomsel akan menghadirkan sejumlah solusi layanan smart city berbasis digital.

"Salah satunya adalah solusi fleet management menggunakan produk Telkomsel FleetSight yang merupakan bagian dari layanan solusi berbasis Internet of Things (IoT) dari Telkomsel melalui unit bisnis Telkomsel Enterprise," kata Nicholas.

Telkomsel FleetSight merupakan solusi untuk mengendalikan kendaraan operasional dengan menyambungkan perangkat telematika berbasis satelit yang dipasangkan pada kendaraan.

Selain itu, Telkomsel juga berkolaborasi dengan mitra Pemda Provinsi Gorontalo dalam menghadirkan solusi smart tax serta platform pelaporan masyarakat.

Melalui solusi-solusi tersebut, nantinya para Pemda di Provinsi Gorontalo yang bertugas dapat lebih efisien dan transparan dalam menjalankan operasional pemerintahan sehingga meningkatkan kualitas pelayanan terhadap masyarakat.

Sebelumnya, sejumlah solusi serupa dari Telkomsel juga telah diimplementasikan oleh Pemerintah Kota (Pemkot) Gorontalo melalui pilot project dalam pengembangan smart city sejak 2018.

Diharapkan, melalui partisipasi aktif dari sejumlah Pemda ini, implementasi solusi smart city di Provinsi Gorontalo akan semakin merata dan berkelanjutan sehingga percepatan manfaatnya dapat dirasakan oleh masyarakat yang lebih luas.

“Menghadirkan solusi smart city yang komprehensif dan memiliki dampak berkelanjutan merupakan harapan Telkomsel dengan didasarkan pada komitmen untuk terus bergerak maju mengakselerasikan negeri melalui perluasan implementasi teknologi digital di berbagai lini pemerintahan. Semoga kolaborasi antara Telkomsel dengan sejumlah Pemda di Provinsi Gorontalo ini dapat menginspirasi daerah lainnya untuk dapat menerapkan teknologi digital untuk mewujudkan visi Digital Nation yang telah dicanangkan oleh pemerintah,” tutup Nicholas.

Editor: Hendra Gunawan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved