Keberadaannya Tawon Kian Merasahkan, Tim SAR dan Relawan di Karanganyar Lakukan OTT

Empat sarang tawon yang dievakuasi merupakan sarang tawon jenis vespa atau dikenal oleh masyarakat dengan sebutan tawon "Ndas"

Keberadaannya Tawon Kian Merasahkan, Tim SAR dan Relawan di Karanganyar Lakukan OTT
TRIBUN JATENG/AGUS ISWADI
Tim SAR dan relawan saat melakukan OTT di Dusun Pondok Desa Gaum Kecamatan Tasikmadu Kabupaten Karanganyar, Rabu (27/11/2019) malam 

Laporan Wartawan Tribun Jateng Agus Iswadi

TRIBUNNEWS.COM, KARANGANYAR - Tim SAR Karanganyar dan relawan melakukan empat kali Operasi Tangkap Tawon (OTT) dalam sehari, Rabu (27/11/2019) di wilayah Kecamatan Kebakkramat dan Kecamatan Tasikmadu.

Dari pantauan Tribunjateng.com di Dusun Pondok RT 2/4 Desa Gaum Kecamatan Tasikmadu, sepuluhan tim OTT sedang berupaya mengevakuasi sarang tawon yang berada di atap rumah milik Sri Suwarni (34).

"Hari ini Tim SAR dan relawan melakukan empat kali OTT. Dua sarang tawon di wilayah Kebakkramat, letaknya di pohon. Lainnya di Desa Karangmojo dan Desa Gaum Pondok Kecamatan Tasikmadu, letaknya di atap rumah," kata Koordinator Wilayah Kebakkramat SAR Karanganyar, Sarijo kepada Tribunjateng.com, Rabu (27/11/2019) pukul 21.30.

Ia mengungkapkan, empat sarang tawon yang dievakuasi merupakan sarang tawon jenis vespa atau dikenal oleh masyarakat dengan sebutan tawon "Ndas".

Baca: Heboh, Warga Lihat Lansia DIserbu Tawon Sampai Tewas, Tak Berkutik hingga 5 Jam Penanganan

Diameter sarang tawon itu sekitar 20-25 cm.

Sarijo menjelaskan, untuk memudahkan mengevakuasi sarang tawon.

Setelah lubang pada sarang ditutup dengan kayu yang ujungnya dililit kain, kemudian sarang disempot cairan bensin atau pertalite guna melumpuhkan tawon.

"Setelah dipastikan aman, kemudian sarang tawon dievakuasi dan dimasukan ke dalam karung," jelasnya.

Dikatakannya, dari empat sarang tawon yang sudah dievakuasi, selanjutnya sarang itu langsung dibakar supaya tawon tidak berkembang biak.

Halaman
12
Editor: Eko Sutriyanto
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved