Solar Menghilang Nelayan Tidak Bisa Melaut, Begini Penjelasan Pertamina

Untuk persediaan solar di SPDN Padang Seurahet di wilayah Aceh Barat saat ini kosong total

Solar Menghilang Nelayan Tidak Bisa Melaut, Begini Penjelasan Pertamina
net
ilustrasi nelayan

TRIBUNNEWS.COM, MEULABOH - Nelayan Aceh Barat sejak empat hari terakhir mengeluh tidak bisa melaut menyusul terjadinya kelangkaan BBM subsidi jenis solar di Stasiun Bahan Bakar Diesel Nelayan (SPDN), termasuk juga di SPBU dalam kawasan Aceh Barat hingga Nagan Raya.

Amiruddin, Panglima Laot Aceh Barat kepada Serambi, Rabu (27/11/2019) mengatakan, para nelayan merasa sedih akibat tidak bisa melaut sejak empat hari terakhir.

"Ini karena di sebagian SPBU yang telah direkomendasi oleh dinas untuk pembelian BBM juga tidak bisa didapatkan solar oleh nelayan,” katanya. 

Ia menyebutkan, untuk persediaan solar di SPDN Padang Seurahet, Aceh Barat saat ini kosong total.

Sedangkan untuk membeli BBM di SPBU, bebernya, juga tak mudah lantaran tidak semua SPBU bisa menjual kepada nelayan, kecuali yang sudah direkomendasi oleh dinas terkait.

Untuk itu, ucap Amiruddin, para nelayan mengharapkan kepada Pertamina agar menambah kuota BBM untuk nelayan di SPDN.

“Sehingga aktivitas nelayan tidak terhenti untuk melaut yang merupakan matapencaharian utama mereka. Sebab, dengan terhentinya aktivitas melaut tentu akan mengganggu roda perekonomian para nelayan dan keluarganya lantaran itu cara mereka mencari nafkah,” ungkapnya.

Masa transisi

Sementara itu, pihak Pertamina menepis isu langkanya Bahan Bakar Minyak (BBM) jenis solar di Aceh Barat, khususnya untuk para nelayan, Menurut pihak Pertamina, BBM bersubsidi itu bukan langka, akan tetapi saat ini Pertamina sedang melakukan masa transisi.

Biasanya nelayan mengambil BBM di Stasiun Bahan Bakar Diesel Nelayan (SPDN) kawasan Padang Seurahet yang telah habis kuotanya di akhir bulan, namun sejak Kamis (28/11/2019), kebutuhan solar nelayan dialihkan ke SPBU hingga seterusnya.

Halaman
12
Editor: Eko Sutriyanto
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved