Beredar Kabar 8 Babi Terserang Virus ASF di Bali, Begini Fakta Sebenarnya

Dikalkulasikan, dari total populasi 12 ribu ekor babi yang ada, ada sekitar 80 ribu ekor babi mengonsumsi pakan limbah restoran

Beredar Kabar 8 Babi Terserang Virus ASF di Bali, Begini Fakta Sebenarnya
/Tribun Manado/Rizky Adriansyah
BANTUAN TERNAK BABI - Seorang pekerja sedang merawat hewan babi di peternakan Tomohon, Sulawesi Utara, Senin (20/5). Pemerintah Mitra memberikan bantuan sosial kepada petani ternak di Kecamatan Tombatu dan Tombatu Timur, berupa 3.045 ekor Babi Starter diberikan kepada 203 kelompok tani. (Tribun Manado/Rizky Adriansyah) 

Laporan Wartawan Tribun Bali Eurazmy

TRIBUNNEWS.COM, DENPASAR - Warga dikejutkan pesan berantai di Whatsapp Group (WAG), ada delapan ekor babi ternak mati mendadak, Rabu (11/12/2019).

Disebutkan babi yang mati diduga akibat terjangkit virus ASF (African swine Fever) atau demam babi afrika yang kini sedang diwaspadai di dunia.

inas Pertanian Kota Denpasar langsung menerjunkan timnya untuk memastikan dugaan tersebut di Jalan Pulau Moyo dan Pulau Roti Denpasar.

Namun usai diperiksa, kenyataan di lapangan jauh berbeda dari informasi yang didapat.

Kepala Dinas Pertanian Denpasar, Gede Ambara Putra memastikan bahwa kabar 8 ekor babi mati mendadak akibat virus ASF itu tidak benar alias hoax.

Bahkan, babi-babi yang mati ini dari hasil penelusuran tidak mengalami mati mendadak, namun sudah terjadi sekitar dari sebulan lalu.

Baca: Cita-cita Davi Beri Kontribusi untuk Sesama Orang dengan HIV

''Mati satu per satu, karena sakit. Sudah kita cek di lapangan dan investigasi, kenyataan di lapangan dugaan itu tidak ada," ungkapnya dikonfirmasi Tribun Bali, Rabu (11/12/2019).

Ia menambahkan, seorang peternak di daerah Sesetan, Denpasar sekitar sebulan lalu juga mengalami hal sama.

Setelah diperiksa di Balai Besar Veterenarian (BBVET) Denpasar hasilnya negatif dari paparan virus ini.

Halaman
12
Editor: Eko Sutriyanto
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved