Disparpora Karanganyar Batasi Pendakian Gunung Lawu Maksimal Pukul 15.00 WIB

Meskipun sudah dibuka, pihaknya bersama relawan terus memantau perkembangan cuaca dan jika meburuk bisa dimungkinkan jalur pendakian akan ditutup

TribunTravel/Rizky Tyas
Suasana pegunungan di lereng gunung Lawu 

Laporan Wartawan Tribun Jateng Agus Iswadi


TRIBUNNEWS.COM, KARANGANYAR
- Sempat ditutup sementara akibat badai selama seminggu, jalur pendakian Gunung Lawu Karanganyar dibuka kembali, Jumat (10/1/2020) ini.

Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disparpora) Kabupaten Karanganyar, Titis Sri Jawoto mengatakan, dua jalur pendakian yang masuk wilayah Karanganyar yakni melalui Candi Cetho dan Cemoro Kandang sudah dibuka kembali.

Meskipun sudah dibuka, pihaknya bersama relawan terus memantau perkembangan cuaca dan apabila cuaca buruk bisa dimungkinkan jalur pendakian akan ditutup kembali.

"Setelah dipantau mulai pagi hingga siang sekitar pukul 10.00, diputuskan dibuka kembali sembari terus dipantau. Kebijakan dinamis, bisa saja ditutup kembali. Yang naik selalu diimbau, terkait cuaca," katanya saat dihubungi Tribunjateng.com, Jumat (10/1/2020).

Dikatakannya, pendaki yang sedang dalam perjalanan naik atau turun diimbau untuk tidak melanjutkan pendakian apabila cuaca memburuk.

Baca: Soal Temuan Perusakan di Lereng Hutan Gunung Lawu, Bupati Karanganyar Geram

Baca: Beredar Video Perusakan Lereng Hutan Gunung Lawu, Komunitas AGL Beberkan Kronologinya

Baca: Teror Kemunculan Ular Selama Dua Bulan Terakhir Terjadi di Karanganyar

Koordinator Bidang Destinasi Disparpora Kabupaten Karanganyar, Nardi menambahkan, meski sudah dibuka kembali, waktu pendakian dibatasi mulai pukul 07.00 hingga pukul 15.00.

"Saat ini memang berkabut dan terkadang disertai angin. Meski sudah dibuka pendakian dibatasi, jangan sampai mendaki saat malam hari," ungkapnya.

Mengingat musim penghujan, pihaknya mengimbau kepada para pendaki untuk berhati-hati dan mempersiapkan peralatan pendakian serta jas hujan. 

Sebelumnya diberikan Tribunjateng.com, jalur pendakian Gunung Lawu, Kabupaten Karanganyar ditutup sementara karena kondisi cuaca buruk di puncak.

Halaman
12
Berita Populer
Editor: Eko Sutriyanto
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved