Breaking News:

Erupsi Gunung Merapi

Semua Pengungsi Gunung Merapi di Desa Tegalmulyo dan Balerante Klaten Negatif Covid-19

Puluhan pengungsi Gunung Merapi di Kabupaten Klaten, Jawa Tengah dilaporkan negatif Covid-19.

Tribunjogja.com/Almurfi Syofyan
Suasana Tempat Evakuasi Sementara (TES) Pengungsi Gunung Merapi di Desa Balerante, Klaten, Kamis (19/11/2020). 

TRIBUNNEWS.COM, KLATEN - Puluhan pengungsi Gunung Merapi di Kabupaten Klaten, Jawa Tengah dilaporkan negatif Covid-19.

Kepala Bidang (Kabid) Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular (P2P) Dinas Kesehatan Klaten, Anggit Budiarto mengatakan swab test atau tes usap dilakukan kepada 26 pengungsi di Desa Balerante dan 14 orang di Desa Tegalmulyo, Kecamatan Kemalang, Kabupaten Klaten.

"Kita lakukan swab tes di dua titik, yakni Desa Balerante dan Tegalmulyo, hasilnya sudah ke luar dan semuanya negatif Covid-19," ujarnya saat ditemui di kantornya, Jumat (27/11/2020).

Pihaknya kata Anggit, telah berkoordinasi dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Klaten untuk terus meningkatkan penerapan protokol kesehatan secara ketat di tempat pengungsian sementara (TES) Gunung Merapi tersebut agar tetap aman dari sebaran Covid-19.

"Siapan pun yang masuk akan kita lakukan screening ketat nanti. Baik itu relawan dan rekan-rekan media juga kita lakukan screening ketat, sebab pengungsi sangat rentan terjadinya penularan," imbuhnya.

Sebelumnya, pengungsi Gunung Merapi yang berada di Desa Balerante, Kecamatan Kemalang, Kabupaten Klaten menjalani tes usap atau swab test, Jumat (13/11/2020).

Sementara, pengungsi Desa Tegalmulyo melakukan swab tes keesokan harinya yakni, Sabtu (14/11/2020).

Swab test tersebut dilakukan oleh Satuan Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Klaten guna mengantisipasi munculnya klaster pengungsi.

Baca juga: Kunjungi Pengungsi Merapi di Muntilan, Ganjar Tantang Tiga Bocah Main Futsal

"Betul, hari ini sudah dilakukan swab test bagi pengungsi di Desa Balerante. Kita bekerjasama dengan Dinas Kesehatan dan Satgas PP Covid-19 Klaten," ujar Kepala BPBD Klaten, Sip Anwar, saat dikonfirmasi, Jumat (13/11/2020).

Ia mengatakan, di massa pandemi Covid-19 ini, pihaknya tetap ingin selalu mengedepankan penerapan protokol kesehatan Covid-19 di barak pengungsian.

Selain menjalani swab test, pengungsi juga diminta selalu mengedepankan, 3M yakni, mengenakan masker, mencuci tangan dan menjaga jarak diharapkan tidak muncul klaster pengungsi Gunung Merapi. (TRIBUNJOGJA.COM)

Artikel ini telah tayang di Tribunjogja.com dengan judul Hasil Swab 40 Pengungsi Gunung Merapi di Tegalmulyo dan Balerante Klaten Negatif COVID-19

Editor: Dewi Agustina
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved