Breaking News:

Amankah Liburan Akhir Tahun di Ambon? Satgas Covid-19 Sebut Tingkat Kepatuhan Prokes Rendah

Ambon terpaksa menjadi daerah yang perlu dihindari sebagai destinasi wisata lantaran perilaku ketidakpatuhan terhadap protokol kesehatan cukup tinggi.

Youtube Satgas Covid-19
Ketua Bidang Perubahan Perilaku Satgas Penanganan Covid-19, Sonny Harry B. Harmadi, mengatakan Ambon terpaksa menjadi daerah yang perlu dihindari sebagai destinasi wisata lantaran perilaku ketidakpatuhan terhadap protokol kesehatan cukup tinggi. 

TRIBUNAMBON.COM - Momen pergantian tahun kerap kali menjadi waktu yang tepat untuk dirayakan dengan berlibur.

Namun, di tengah kondisi pandemi Covid-19 seperti ini, liburan menjadi momen yang rentan terhadap pelanggaran protokol kesehatan, terlebih untuk kegiatan wisata ke luar kota.

Ambon sebagai kota dengan potensi wisata yang besar terpaksa menjadi daerah yang perlu dihindari sebagai destinasi wisata lantaran perilaku ketidakpatuhan terhadap protokol kesehatan cukup tinggi.

Hal itu disampaikan Ketua Bidang Perubahan Perilaku Satgas Penanganan Covid-19, Sonny Harry B. Harmadi, pada acara peluncuran (launching) TribunAmbon.com diikuti Webinar Nasional dengan Tema "Libur Akhir Tahun Aman dan Nyaman di Tengah Pandemi Covid-19, Jumat (18/12/2020).

Baca juga: Ke Maluku di Kala Pandemi, Ini Syarat dari Pemprov bagi Wisatawan

Sonny mengatakan, tingkat penularan Covid-19 di Ambon mengalami peningkatan yang signifikan dan cukup tinggi.

"Tadinya, kami tidak menempatkan ini (red: Ambon) sebagai salah satu yang utama karena dulu kasusnya kecil," ujarnya.

"Tetapi, berkembangnya waktu itu menunjukkan bahwa Ambon semakin banyak (kasus) dan penularannya cukup tinggi," lanjutnya.

Ketua Bidang Perubahan Perilaku Satgas Penanganan Covid-19, Sonny Harry B. Harmadi pada acara peluncuran (launching) TribunAmbon.com diikuti Webinar Nasional dengan Tema
Ketua Bidang Perubahan Perilaku Satgas Penanganan Covid-19, Sonny Harry B. Harmadi pada acara peluncuran (launching) TribunAmbon.com diikuti Webinar Nasional dengan Tema "Libur Akhir Tahun Aman dan Nyaman di Tengah Pandemi Covid-19, Jumat (18/12/2020). (Youtube Tribunnews)

Selain jumlah penambahan kasus yang tergolong tinggi, perilaku ketidakpatuhan terhadap protokol kesehatan pun cukup tinggi.

Hal itu membuat wilayah Kota Ambon kurang direkomendasikan sebagai destinasi wisata pada liburan Tahun Baru 2021.

Berdasarkan hasil pantauan Satgas Covid-19, dalam tujuh hari terakhir perilaku memakai masker di Provinsi Maluku termasuk paling rendah di indonesia, yakni 62%.

Halaman
123
Penulis: Fitriana Andriyani
Editor: Citra Agusta Putri Anastasia
Sumber: TribunSolo.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved