Breaking News:

Peringatan Dini BMKG: Potensi Hujan Berdampak Banjir di Aceh Jaya, Pidie, Pijay, dan Aceh Besar

Potensi banjir diprediksi terjadi di wilayah bantaran sungai atau wilayah dataran rendah, daerah hilir dan tanah longsor untuk wilayah dataran tinggi.

For Serambinews.com
Zakaria Ahmad, Kasie Data dan Informasi BMKG Bandara SIM Blangbintang. 

Laporan Wartawan Serambi, Nasir Nurdin

TRIBUNNEWS.COM, BANDA ACEH - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Koordinator Provinsi Aceh mengeluarkan peringatan dini prakiraan cuaca dengan potensi curah hujan sedang hingga tinggi dan berdampak banjir.

Potensi banjir diprediksi terjadi di wilayah bantaran sungai atau wilayah dataran rendah, daerah hilir dan tanah longsor untuk wilayah dataran tinggi.

Peringatan dini prakiraan cuaca tersebut diposting oleh Kasi Data dan Informasi BMKG Kelas I Sultan Iskandar Muda Banda Aceh, Zakaria Ahmad ke grup WhatsApp Media Center BPBA, Senin (25/1/2021) malam.

Peringatan yang dikeluarkan BMKG berlaku mulai Selasa 26 Januari 2021 pukul 07.00 WIB sampai 27 Januari 2021.

Potensi curah hujan sedang hingga tinggi dan berdampak banjir di wilayah bantaran sungai atau wilayah dataran rendah, daerah hilir dan tanah longsor untuk wilayah dataran tinggi diprakirakan terjadi di Kabupaten Aceh Jaya, Pidie, dan Pidie Jaya (Pijay).

Baca juga: Kemensos Terjunkan Tagana dan Salurkan Bantuan Logistik untuk Korban Banjir Paniai Papua

Baca juga: Dua Orang Meninggal Dunia Akibat Banjir di Manado

Di Aceh Jaya, curah hujan sedang hingga tinggi berpotensi terjadi di Kecamatan Panga, Krueng Sabe, Setia Bakti, Darul Hikmah, Sampoinitt, Indra Jaya, dan Jaya.

Kabupaten Pidie meliputi Kecamatan Mane, Tangse, Muara Tiga, Titeu Keumala, Padang Tiji, Delima, Grong-grong, Batee, Sakti, Tiro/Trusep, Mutiara Timur, Mutiara, Indra Jaya, Pidie, Kota Sigli, Simpang Tiga, Peukan Baro, Kembang Tanjung, Glumpang Baro, dan Glumpang Tiga.

Wilayah Pijay diprakirakan akan terjadi curah hujan sedang hingga tinggi di Kecamatan Bandar Baru.

Sedangkan Aceh Besar, Kecamatan Kuta Cot Glie, Indrapuri, Suka Makmur, Kuta Malaka, Kota Jantho, Seulimuem, Lembah Seulawah, Blangbintang, Ingin Jaya, Krueng Barona Jaya, Simpang Tiga, Darussalam, Darul Imarah, Darul Kamal, Mesjid Raya, Lhoknga, Leupueng, dan Lhoong.

BMKG mengingatkan masyarakat agar selalu siaga menghadapi bencana hidrometeorologi.

"Kami imbau untuk selalu waspada terhadap potensi yang berdampak terjadi banjir dan longsor," demikian peringatan dini prakiraan cuaca dengan potensi curah hujan sedang hingga tinggi di beberapa wilayah Aceh.

Artikel ini telah tayang di serambinews.com dengan judul BMKG Ingatkan Potensi Hujan Berdampak Banjir di Aceh Jaya, Pidie, Pijay, dan Aceh Besar

Editor: Dewi Agustina
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Produk Populer

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved