Breaking News:

Bendungan Tukul

Habiskan Dana Rp 916 Miliar, Ini Harapan Jokowi Terhadap Bendungan Tukul di Pacitan

Presiden Joko Widodo hari ini, Minggu (14/2/2021) meresmikan Bendungan Tukul di Pacitan, Jawa Timur.

Dok. Istana Kepresidenan/Agus Suparto
Presiden Jokowi saat berada di Bendungan Tukul di Pacitan, Jawa Timur, usai diresmikan, Minggu (14/12/2021).(Dok. Istana Kepresidenan/Agus Suparto) 

TRIBUNNEWS.COM -  Presiden Joko Widodo telah meresmikan Bendungan Tukul di Pacitan, Jawa Timur pada hari ini, Minggu (14/2/2021).

Jokowi datang didampingi oleh Menteri Perusahaan Umum dan Perumahaan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimoeljono dan Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa.

"Alhamdulillah pada siang hari ini, bendungan tukul yang telah dimulai 6 tahun yang lalu, dengan biaya 916 miliar rupiah hari ini, sudah selesai dan siap difungsikan," ujar Jokowi saat peresmian tersebut.

Dalam pidatonya tersebut, Jokowi berharap Bendungan Tukul ini, bisa menjadi infrastruktur yang penting, serta dapat memperkuat ketahanan pangan dan ketahanan air di wilayah Pacitan.

"Saya harap dengan berfungsinya Bendungan Tukul di Pacitan ini, akan menjadi infrastruktur yang penting, memperkuat ketahanan pangan dan memperkuat ketahanan air," terangnya, dilansir YouTube Sekretariat Presiden, Minggu (14/2/2021).

Baca juga: Pandemi Belum Usai, Kini Gempa Landa Fukushima, Warga: Seperti Tertimpa Satu Masalah ke Masalah Lain

Baca juga: Mengenal Bendungan Tukul di Kampung Halaman SBY yang Dibangun di Era Jokowi

Jokowi mengatakan, Bendungan Tukul memiliki peran yang sangat penting untuk beberapa hal.

Antara lain untuk pengendalian banjir, mengairi sawah, air irigasi, dan penyediaan air baku.

"Bendungan ini memiliki peran yang sangat penting untuk pengendalian banjir, untuk mengairi sawah, air irigasi, dan juga penyediaan air baku,"

"Disini nanti kurang lebih 300 liter per detik, tentu saja ini untuk warga nya bapak Bupati Pacitan dengan kapasitas tampung 8,7 juta meter kibik, bendungan ini bisa memberikan manfaat yang sangat besar," lanjutnya.

Selain itu, Jokowi mengungkapkan, Bendungan Tukul juga bisa memberi manfaat besar lainnya, yakni mengairi 600 hektare sawah.

Halaman
123
Penulis: Ranum KumalaDewi
Editor: Arif Tio Buqi Abdulah
Sumber: TribunSolo.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved