Breaking News:

Bencana Banjir

Terobos Banjir, PMI Banjar Distribusi Sembako Diatas Perahu

Bencana banjir yang terjadi 5 Januari 2021 kemarin di Kalimantan Selatan, masih belum surut hingga hari ini

istimewa
PMI Banjar distribusi bantuan logistik kepada warga terisolasi banjir dengan perahu, Sabtu (13/2/2021). 

Laporan Wartawan Tribunnews, Larasati Dyah Utami

TRIBUNNEWS.COM, BANJARMASIN -- Bencana banjir yang terjadi 5 Januari 2021 kemarin di Kalimantan Selatan, masih belum surut hingga hari ini, Sabtu (13/02/2021)

Sebanyak 4 kabupaten masih terendam diantaranya Banjarbaru, Banjar, Tanah Laut dan Barito Kuala.

"Genangan air yang masih tinggi membuat distribusi logistik oleh Relawan dari Palang Merah Indonesia (PMI) terkendala," kata Naimah, Kepala Markas PMI Kabupaten Banjar Kalsel dalam keterangannya, Minggu (14/2/2021).

Baca juga: Bandara Halim Perdanakusuma Siapkan 2 Mobil Pompa Air Antisipasi Banjir

Di Kabupaten Banjar misalnya, distribusi logistik ke dua desa yang masih terdampak banjir di Kecamatan Sungai Tabuk terpaksa dilakukan dengan perahu karena akses jalan tidak bisa dilalui oleh kendaraan roda dua maupun roda empat.

“Beberapa desa diwilayah Kecamatan Cintapuri Darussalam dan Sungai Tabuk akses jalan hanya bisa dilewati menggunakan perahu klotok atau sampan. Untuk 2 lainnya, Kecamatan Martapura Barat dan Martapura Timur sudah bisa diakses menggunakan R2 atau R4," ujarnya

Baca juga: Tinjau Korban Banjir, Wapres Maruf Menuju Subang dan Karawang

Dari pantauan di lokasi pendistribusian logistik, warga dengan menggunakan perahu satu persatu mendatangi relawan PMI di bantaran sungai desa Pembantanan dan Lok Buntar untuk mendapatkan logistik.

Bantuan yang diberikan berupa paket sembako, obat obatan, masker dan perlengkapan bayi yang semuanya sangat dibutuhkan oleh masyarakat korban bencana.

“Untuk membantu korban banjir di sepanjang bantaran sungai di desa Pembantanan dan Lok Buntar Kecamatan Sungai Tabuk, melalui jalur air menggunakan perahu Klotok dengan jarak tempuh 3 jam dari Markas PMI Provinsi Kalimantan selatan,” tambahnya.

Baca juga: Salurkan Bantuan Rp252 Juta, Risma Ungkap Penyebab Banjir di Pekalongan

Di waktu yang bersamaan, PMI Kabupaten Banjar juga melaksanakan kegiatan penyemprotan disinfektan di Sungai Sipai, Martapura dengan sasaran penerima manfaat sebanyak 320 jiwa.

Pelayanan kesehatan di Desa Pembatanan Kecamatan Sungai Tabuk sebanyak juga dilakukan kepada 65 orang.

Distribusi logistik dan cleaning kit di Desa Pembantanan Kecamatan Sungai Tabuk juga diberikan kepada sebanyak 240 jiwa.

“Ini komitmen kemanusiaan, pengurus PMI provinsi Kalimantan Selatan all out mendukung kegiatan posko tanggap darurat bencana (TDB) PMI Kabupaten Banjar,” ujarnya.

KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved