Breaking News:

Petugas Kantor Pos Jemput Bola Salurkan Bansos Tunai untuk Keluarga yang Isolasi Mandiri dan Lansia

Penyaluran Bantuan Sosial Tunai (BST) melalui dilakukan melalui dua skema yakni melalui loket Kantor Pos maupun komunitas.

TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN
ilustrasi: Penyaluran Bantuan Sosial Tunai (BST) dilakukan melalui dua skema yakni melalui loket Kantor Pos maupun komunitas. 

Laporan wartawan Tribunnews.com, Fahdi Fahlevi

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Penyaluran Bantuan Sosial Tunai (BST) dilakukan melalui dua skema yakni melalui loket Kantor Pos maupun komunitas.

Kantor Pos Bogor Pupung H menjelaskan penyaluran melalui komunitas adalah dengan memberdayakan kantor kelurahan, kecamatan, di sekolah atau lapangan.

"Kami menyampaikan informasi ke pihak kecamatan dan kelurahan, bahwa kami akan melakukan pembayaran BST," ujar Pupung kepada wartawan di Kantor Pos Bogor, Jalan Juanda, Kota Bogor, Jawa Barat, Senin (3/5/2021).

Baca juga: Kantor Pos Bogor Telah Salurkan Bansos Tunai untuk 121.940 Keluarga Penerima Manfaat

Per harinya, Kantor Pos Bogor mengalokasikan penyaluran untuk 600 hingga 700 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) untuk mengantisipasi penumpukan.

Meski begitu, Pupung menceritakan dalam menyalurkan BST, petugas Kantor Pos juga sering kali diterjunkan langsung ke rumah KPM yang sakit, lanjut usia (lansia), atau bahkan yang sedang melaksanakan isolasi mandiri akibat positif Covid-19.

Penyaluran langsung ke rumah KPM dilakukan di luar jadwal utama penyerahan BST.

"Biasanya ada KPM yang sedang sakit atau isoman, atau lansia itu biasanya sesuai informasi kelurahan, atau kecamatan kami lakukan pengantaran ke rumah. Dengan jadwal di luar jadwal utama," tutur Pupung.

Baca juga: Anggota Komisi V DPR Minta Pemerintah Alihkan PSO untuk Bansos Pekerja Transportasi

Sementara itu, Juru Bayar Kantor Pos Bogor Taufik Ismail mengatakan dirinya kerap mengantarkan langsung BST ke rumah KPM.

Menurut Taufik, banyak KPM yang lansia sudah tidak bisa mengambil BST ke kantor pos maupun komunitas. Dalam penyaluran, petugas Kantor Pos didampingi pihak kelurahan, RT, maupun RW.

Halaman
1234
Penulis: Fahdi Fahlevi
Editor: Sanusi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved