Breaking News:

Liputan Khusus

Lembang Ingin Pisah dari Kabupaten Bandung Barat: Jadi Kota Mandiri

Lembang berkeinginan memisahkan diri Kabupaten Bandung Barat. Malah masyarakatnya ingin Lembang jadi kota mandiri. Apakah layak persyaratannya?

TRIBUN JABAR/ZELPHI
Peltu Budhiyono, Bhabinsa Desa Lembang, mengarahkan operator bechoe dalam upaya mengangkat sedimen dari saluran gorong-gorong Pasar Panorama Lembang, Kecamatan Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat, Jumat (05/02/2021). Kegiatan ini merupakan salahsatu program Bakti Sosial Kecamatan Lembang secara swadaya tanpa menggunakan anggaran Pemerintah, dengan menggandeng pihak pengelola pasar sebagai penyedia alat berat, Paguyuban pedagang menyediakan konsumsi, KPSBU (Koperasi Peternak Sapi Bandung Utara) menyediakan kendaraan pengangkut dan bechoe dipinjamkan oleh Kodim 0609/Cimahi. Saluran gorong-gorong Pasar Panorama Lembang selama ini menjadi salah satu penyebab terjadinya banjir cileuncang dilokasi sekitar pasar. (Tribun Jabar/Zelphi) 

TRIBUNNEWS.COM, LEMBANG - Pemekaran Kawasan Bandung Utara (KBU), yang terdiri dari Kecamatan Lembang, Cisarua, dan Parongpong, menjadi kota mandiri yang terlepas dari Kabupaten Bandung Barat (KBB) terus mendapat dukungan masyarakat. Mereka menilai, pemekaran sudah selayaknya segera dilakukan.

"Tapi prosesnya, harus ditempuh dengan baik dan stakeholder diajak bicara agar prosesnya berkesinambungan hingga akhirnya rencana ini akan menjadikan suatu daerah yang akan menjadi lebih baik," ujar Kepala Desa Lembang, Kecamatan Lembang, Yono Maryono, yang mengaku setuju dengan pemekaran ini saat ditemui di Kantor Desa Lembang, Selasa (1/6).

Apapun yang dilakukan untuk kepentingan masyarakat, ujar Yono, sudah pasti akan mendapatkan dukungan.

"Jadi, jangan ada kepentingan yang sifatnya terselubung untuk kepentingan kelompok atau pribadi," ujarnya. "Tujuannya harus semata-mata untuk kepentingan masyarakat."

Dukungan berpisahnya KBU dari KBB untuk menjadi kota baru yakni Kota Lembang , juga diungkapkan Eko Setiono (42), warga Kecamatan Lembang. Berpisahnya Lembang, Cisarua, dan Parongpong dari KBB untuk membentuk kota yang mandiri, menurut Eko, memang sudah selayaknya dilakukan.

"Potensi keuangan pun Bandung Utara khususnya Lembang sebagai penyumbang PAD yang besar bagi KBB. Jadi menurut saya KBU layak mekar," kata Eko.

Eko mengatakan pembentukan Komite Pemekaran Kawasan Bandung Utara (KBU) dalam rangka pembentukan Lembang sebagai kota mandiri menjadi langkah yang tepat dan harus mendapat dukungan.

"Sebagai warga KBU saya tentu sangat mendukung komite untuk menyampaikan aspirasi warga KBU atas keinginan untuk menjadikan KBU sebagai daerah yang mandiri," ujarnya.

Rencana pembentukan Lembang sebagai kota mandiri yang terpisah dari KBB, sebelumnya juga sempat diungkapkan Forum Koordinasi Desain Penataan Kota (Forkodetada) Jabar. 

Forkodetada) Jabar menyebut ada sembilan pemekaran wilayah calon daerah otonomi baru (CDOB) yang mereka usulkan, yaitu Kota Lembang, Kabupaten Cikampek, Kabupaten Bandung Timur, Kabupaten Garut Utara, Kabupaten Indramayu Barat, Kabupaten Subang Utara, Kabupaten Bekasi Utara, Kabupaten Cianjur Selatan, dan Kabupaten Cirebon Timur.

Halaman
123
Sumber: Tribun Jabar
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved