Breaking News:

Carter Pesawat, 22 WNI di Malaysia Kembali ke Aceh

Setiap orang yang pulang mengeluarkan biaya sebesar Rp 5.121.509, dengan perincian untuk tiket, tes covid, bayar denda, dan administrasi.

Foto kiriman Jafar Insya Reubee
Ketua SUBA, Bukhari Ibrahim (tengah jongkok) bersama relawan SUBA dan para perantau asal Aceh di Malaysia, beberapa saat menjelang pulang kembali ke Tanah Air, Jumat (27/8/2021). 

TRIBUNNEWS.COM, ACEH - Sebanyak 22 warga Aceh di Malaysia, menyewa pesawat Malindo Air, dari KLIA 1 menuju Kualanamu Medan untuk kembali ke Tanah Air.

Kepulangan mereka difasilitasi oleh SUBA (Solidaritas Ummat Bansigom Aceh) dan Permebam (Persatuan Melayu Berketurunan Acheh).

Ketua SUBA, Bukhari Ibrahim, kepada Serambinews.com, Minggu (29/8/2021) menyebutkan, para pahlawan devisa ini telah tiba dengan selamat di Kualanamu pada tanggal 27 Agustus 2021.

"Saat ini mereka sedang menjalani karantina di Medan," kata Bukhari Ibrahim, seperti dikutip anggota komunitas Aceh Malaysia, Jafar Insya Reubee.

Bukhari Ibrahim mengatakan, Himpunan Masyarakat Sumatra Utara (Himasu) dan Persatuan Perantau Darul Aman Malaysia (PPDM) juga ikut terlibat dalam mendanai kepulangan para perantau asal Aceh ini.

Bukhari, tokoh masyarakat Aceh di Malaysia menambahkan, ini adalah kali pertama pihaknya melakukan pemulangan secara massal, mencakup 22 orang.

"Ini pertama kali kami mencoba membawa pulang sebanyak 22 dengan mencarter pesawat, dengan biaya yang ditanggung secara bersama-sama," kata Bukhari.

Setiap orang yang pulang mengeluarkan biaya sebesar RM 1.500 atau sekira Rp 5.121.509, dengan perincian untuk tiket, tes covid, bayar denda, dan administrasi untuk pengurusan.

Baca juga: Kenaikan Kasus Covid-19 di Aceh Jadi Perhatian Pemerintah

Selain itu, biaya dari para penumpang yang pulang dalam keadaan sehat ini juga dipakai untuk mensubsidi para penumpang yang pulang karena sakit (noncovid-19).

"Untuk orang sakit yang kita pulangkan, dananya berasal dari SUBA dan sumbangan dari penumpang yang sehat serta pihak lainnya," ujarnya.

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved