Breaking News:

Empat Provinsi Ini Berpotensi Alami Kekeringan saat Musim Hujan

Memasuki musim hujan pada September-November 2021, empat provinsi ini berpotensi mengalami kekeringan.

zoom-inlihat foto Empat Provinsi Ini Berpotensi Alami Kekeringan saat Musim Hujan
the guardian
ilustrasi kekeringan

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Empat provinsI berpotensi mengalami kekeringan, yakni Nusa Tenggara Timur (NTT), Nusa Tenggara Barat (NTB), Bali dan Jawa Timur.

Terutama saat memasuki musim hujan pada September-November 2021.

Plt. Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB Abdul Muhari mengatakan, demi menghadapi potensi kekeringan, BNPB meminta kepala daerah di provinsi tersebut untuk melakukan langkah-langkah kesiapsiagaan. 

Baca juga: Ratusan Hektar Sawah di Manggarai Barat Kekeringan, Kementan Ingatkan AUTP

Ia menyampaikan, BNPB memberikan peringatan dini dan langkah-langkah kesiapsiagaan menghadapi bencana kekeringan meteorologis. 

Hal ini didukung dengan informasi dari Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengenai adanya indikasi potensi kekeringan hidrometeorologis hingga dua dasarian ke depan. 

"Potensi yang patut diwaspadai mencakup beberapa kabupaten dan kota di provinsi NTT, NTB, Bali dan Jawa Timur," ujar Abdul melalui keterangannya, Rabu (1/9/2021).

Potensi bahaya yang perlu diantisipasi, kata Abdul, yaitu berkurangnya persediaan air untuk kebutuhan rumah tangga dan pertanian, kebakaran semak, hutan, lahan dan pemukiman. 

Baca juga: Antisipasi Puncak Kemarau, BNPB Gelar Kesiapan Peralatan Pendukung Penanggulangan Bencana

Deputi Bidang Pencegahan BNPB Prasinta Dewi mengatakan beberapa Langkah kesiapsiagaan.

Pertama, pemerintah daerah diminta untuk melakukan pemantauan dan peninjauan lapangan bersama dinas-dinas terkait untuk mengantisipasi dan menangani terjadinya kekeringan serta potensi kebakaran hutan, lahan dan semak. 

Kedua, kepala daerah mengambil langkah-langkah penguatan kesiapsiagaan pemerintah dan masyarakat terkait ancaman kekeringan di daerah masing-masing. 

Halaman
123
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved