Breaking News:

5 Alasan Pentingnya Penyu bagi Lingkungan dan Perannya dalam Kehidupan Sekitarnya

Penyu merupakan bagian dari ekosistem laut dan darat yang begitu penting. Berikut alasan serta fungsi sehingga penyu dianggap begitu penting.

indonesia.travel
Penangkaran penyu di Desa Wisata Pemuteran. 

TRIBUNNEWS.COM - Lautan yang sehat membutuhkan penyu karena merupakan 'spesies kunci' sehingga dapat dikatakan begitu penting untuk lingkungan serta memiliki pengaruh terhadap spesies lain.

Apabila penyu mengalami kepunahan atau dicabut dari habitatnya, maka alam di bawah laut akan terganggu dan berdampak kepada penghuninya.

Penjelasan di atas membuktikan bahwa penyu memiliki pengaruh besar dan dilabeli sebagai spesies kunci untuk keberlangsungan kehidupan di laut.

Baca juga: Materi Sekolah: Pengertian, Bentuk, hingga Faktor Pendorong Terjadinya Mobilitas Sosial

Baca juga: Materi Sekolah: Pencegahan Bahaya Penggunaan Listrik

Berikut alasan penyu merupakan spesies penting dikutip dari seaturtles.org

1. Penyu membantu untuk mengontrol mangsanya demi kehidupan lautan

Hal tersebut dicontohkan dalam satu kasus ketika penyu belimbing membantu mengatur populasi ubur-ubur di lautan dan penyu sisik membantu karang dengan memakan spons yang mana bersaing dengan mereka terkait tempat berlindung.

2. Sarang penyu berguna untuk pantai

Nutrisi yang ditinggalkan oleh telur dan tukik yang tidak sempat hidup menyediakan sumber penting bagi vegetasi di pesisir pantai.

3. Tukik merupakan sumber makanan yang penting untuk banyak hewan

Burung, ikan, mamalia, dan hewan lain bergantung pada tukik yang melimpah agar dapat bertahan hidup selama musim bersarang.

Halaman
1234
Sumber: TribunSolo.com
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved