Hipotesis Terbaru Ilmuwan Mengenai Dugaan Alien yang Tak Pernah Mengunjungi Bumi

BrightSide
Ilustrasi

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA -- Dua orang ilmuwan menemukan penjelasan mengapa alien tak pernah mengunjungi bumi.

Hal ini juga yang selama ini membuat para peneliti dalam beberapa dekade kebingungan.

Hipotesis terbaru untuk menjawab alasan ini menunjukkan, saat peradaban penjelajah ruang angkasa tumbuh seiring perkembangan teknologi dan telah mencapai titik inovasi yang tak lagi memenuhi permintaan energi, maka terjadilah keruntuhan.

Baca juga: Benarkah Binatang Laut Ini Keturunan Alien?

Satu-satunya jalan alternatif adalah menolak model perkembangan yang tak ada habisnya demi mempertahankan keseimbangan, tapi mengorbankan kemampuan peradaban untuk berkembang melintasi bintang-bintang.

Argumen yang diterbitkan pada 4 Mei di jurnal Royal Society Open Science tersebut mencoba menemukan resolusi terkait kontradiksi antara ruang lingkup yang sangat luas dan usia alam semesta.

Dua hal tersebut menunjukkan bahwa alam semesta harus dipenuhi dengan kehidupan alien yang maju, dan kurangnya bukti makhluk luar angkasa terdapat di berbagai tempat yang terlihat.

Menurut para peneliti dalam studi terbaru yang dilakukan, peradaban runtuh dikarenakan kelelahan atau mengalihkan diri untuk lebih memprioritaskan homeostasis, keadaan di mana ekspansi kosmik tidak lagi menjadi tujuan, membuat alien sulit dideteksi dari jarak jauh.