Ilmuwan Duga Penyebab Punahnya Hiu Megalodon Adalah Hiu Jenis Lainya yang Lebih Kecil

Menurut studi baru kompetisi itu berpotensi menjadi salah satu alasan mengapa hiu megalodon yang mampu tumbuh hingga 20 meter ini kemudian punah.

Editor: Hendra Gunawan
Earth Touch News Network
Megalodon 

TRIBUNNEWS.COM -- Hiu megalodon merupakan hiu raksasa yang pernah hidup dimuka bumi ini.

Binatang buas tersebut hidup lebih dari 23 juta tahun lalu ukurannya hampir empat kali lebih besar dari hiu putih yang mengarungi lautan hari ini.

Tapi tahukah Anda, apa yang menyebabkan monster buas tersebut punah?

Studi baru mengungkap ternyata ikan hiu putih jadi penyebab kepunahan hiu raksasa megalodon.

Namun, kedua spesies hiu yang pernah hidup bersampingan itu kemungkinan juga memburu beberapa mangsa yang sama.

Baca juga: Benarkah Megalodon Masih Hidup di Laut Dalam?

Menurut studi baru kompetisi itu berpotensi menjadi salah satu alasan mengapa hiu megalodon yang mampu tumbuh hingga 20 meter ini kemudian punah.

Dikutip dari CNN, Jumat (3/6/2022) untuk sampai pada temuan penyebab kepunahan hiu megalodon ini, para peneliti menggunakan teknik baru.

Mereka menganalisis tanda makanan yang terkandung dalam gigi 13 spesies hiu yang punah dan 20 hiu modern untuk memahami di mana posisi hiu-hiu itu dalam rantai makanan.

"Megalodon biasanya digambarkan sebagai hiu raksasa berukuran super dalam novel dan film. Tapi kenyataannya adalah kita masih tahu sedikit tentang hiu yang telah punah ini," kata Kenshu Shimada, penulis studi dan profesor paleobiologi di Universitas DePaul di Chicago.

Dalam studi baru tentang penyebab punahnya megalodon ini Shimada menjelaskan bahwa kisaran makanan hiu putih besar Pliosen awal sangat mirip dengan hiu megalodon, menunjukkan bahwa data yang dimilikinya tak bertentangan dengan hipotesis mengenai kompetisi yang terjadi antara dua spesies hiu.

Halaman
123
Sumber: Kompas.com
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved