NASA Hilang Kontak dengan Satelit yang dalam Perjalanan ke Bulan

NASA dilaporkan telah kehilangan kontak dengan salah satu satelitnya yakni CAPSTONE setelah lepas dari orbit Bumi dalam perjalanan ke bulan.

Twitter
NASA meluncurkan studi tentang UFO sebagai bagian dari dorongan baru menuju sains berisiko tinggi dan berdampak tinggi. - NASA kehilangan kontak dengan satelitnya yang sedang dalam perjalanan ke bulan. 

TRIBUNNEWS.COM - National Aeronautics and Space Administration (NASA) dilaporkan telah kehilangan kontak dengan salah satu satelitnya setelah lepas dari orbit Bumi dalam perjalanan ke bulan.

CubeSat kecil menghentikan komunikasi dengan Deep Space Network (DSN) pada hari Selasa (5/7/2022).

DSN adalah jaringan antena radio NASA yang mendukung misi pesawat ruang angkasa antarplanet serta beberapa orbit Bumi.

CubeSat adalah Eksperimen Operasi dan Navigasi Teknologi Sistem Pemosisian Otonom Cislunar, juga dikenal sebagai CAPSTONE.

Tim CASTONE sedang bekerja untuk membangun kembali kontak dan memahami apa yang menyebabkan masalah tersebut, menurut pernyataan NASA.

Mereka memiliki data lintasan yang solid dari stasiun darat pertama penuh dan kedua dari Deep Space Network, kata badan tersebut dalam rilis mereka.

Baca juga: China Tak Terima Dituding NASA Ingin Mengambil Alih Bulan

"Jika diperlukan, misi memiliki bahan bakar yang cukup untuk menunda manuver koreksi lintasan pasca pemisahan awal selama beberapa hari," kata badan tersebut, dilansir CNN.

Tinggalkan Orbit Bumi

Satelit tersebut meninggalkan orbit Bumi pada hari Senin (4/7/2022) seperti yang direncanakan, menandai tonggak penting dalam perjalanan empat bulannya ke bulan.

Satelit akan mengandalkan propulsinya sendiri dan gravitasi matahari selama sisa perjalanannya.

Halaman
12
Sumber: TribunSolo.com
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved