Sultan Hamengkubuwono X Terkesan Dalamnya Kisah Film Bumi Manusia

Sri Sultan Hamengkubuwono X menyampaikan kesannya usai menonton film Bumi Manusia.

Sultan Hamengkubuwono X Terkesan Dalamnya Kisah Film Bumi Manusia
TRIBUNNEWS.COM/BAYU INDRA PERMANA
Gubernur Jogjakarta Sri Sultan Hamengkubuwono di Empire XXI, Selasa (13/8/2019). 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Bayu Indra Permana

TRIBUNNEWS.COM, YOGYAKARTA - Sri Sultan Hamengkubuwono X menyampaikan kesannya usai menonton film Bumi Manusia.

Dikatakan Sri Sultan Hamengkubuwono X, dengan menyaksikan film Bumi Manusia. Dirinya bisa mendapat gambaran bagaimana aturan hukum di masa itu, dan belajar menghargai orang lain tanpa memandang ras.

"Kesan saya bagaimana cerita itu bukan bicara klimaks seperti cerita yang lain. Tapi kedalaman values, kedalaman isi," ucap Sri Sultan Hamengkubuwono di Empire XXI, Selasa (13/8/2019).

"Bagaimana dari cerita itu, kita tahu bagaimana seseorang membuat aturan hukum, menghargai orang, dilihat dari sisi kulit, dari sisi penjajahan, dari hukum keadilan yang tidak di dapat, jadi memang itu konpleks sekali," jelasnya.

Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta itu menuturkan, masyarakat bisa lebih melihat arti dari sebuah penjajahan yang sempat dirasakan Indonesia.

Poster Film Bumi Manusia.
Poster Film Bumi Manusia. (Falcon Pictures)

"Jadi dari situlah kita bisa paham, bagaimana aeti oenjajahan itu. Dan bagaimana arti kehidupan dan keadilan itu ditafsirkan sendiri-sendiri tanpa ada kepastian, dari nilai membedakan orang lain, dan warna kulit," tutur Sri Sultan Hamengkubuwono X.

"Cerita itu memberikan nilai yang sangat dalam untuk kita pahami, di dalam konteks untuk membangun persaudaraan, pertemanan, menghargai sesama," bebernya.

Sri Sultan Hamengkubowono menyempatkan waktunya untuk nonton bareng pemain dan sutrada film Bumi Manusia di Empire XXI, Jogjakarta.

Penulis: bayu indra permana
Editor: Anita K Wardhani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved