Lagunya Di-cover Tanpa Izin, Didi Kempot: Dosa sampai Anak Cucu Kamu Tanggung

Permintaan izin merupakan budaya baik yang seharusnya senantiasa dilakukan.

Lagunya Di-cover Tanpa Izin, Didi Kempot: Dosa sampai Anak Cucu Kamu Tanggung
Tribunnews.com/Bayu Indra Permana
Didi Kempot saat ditemui di Live Space SCBD Jakarta Pusat, Jumat (20/9/2019). 

TRIBUNNEWS.COM - Musisi Didi Kempot berulang-ulang mengingatkan ke semua pihak yang menyanyikan ulang lagu (cover song) miliknya untuk kepentingan komersil.

Jika ada penyanyi yang ingin mendapatkan keuntungan dengan menyanyikan ulang lagu-lagu hitsnya, Didi Kempot meminta mereka supaya izin ke pencipta lagu.

Terlepas dari masalah royalti, Didi Kempot menyatakan, permintaan izin merupakan budaya baik yang seharusnya senantiasa dilakukan.

Didi Kempot saat jumpa pers Konangan Concert di Livespace Lot 8, kawasan SCBD, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Jumat (20/9/2019) siang. Konser untuk Sobat Ambyar ibukota digelar Didi Kempot ditempat yang sama, Jumat malam. (Warta Kota/Feryanto Hadi)

"Saya selalu menyampaikan, lebih baik kalau mau cover lagu, siapapun itu, sebaiknya izin," kata Didi Kempot disela Konangan Concert di kawasan SCBD, Jakarta Selatan, Jumat kemarin.

Izin penggunaan ulang lagu-lagu hits yang sebagian besar berbahasa Jawa itu, lanjut Didi Kempot, ada di penciptanya.

"Kalau perlu, yang sudah mati pun, bisa diminta izin melalui keluarga atau ahli warisnya. Ini masih hidup kok dicolong," ujar Didi Kempot.

Belakangan ini semakin banyak penyanyi lain yang menyanyikan ulang lagu milik musisi ternama dan kemudian diunggah di video berjejaring YouTube supaya mendapatkan banyak subscriber.

Baca: Cita Citata Duet dengan Didi Kempot, Berhasil Bikin Sad Boys dan Sad Girls Ambyar?

Ujungnya, si penyanyi cover song itu meraih keuntungan materi.

Didi Kempot tidak mempermasalahkan aktivitas cover song. Lagu-lagu ciptaannya itu justru banyak ditonton setelah dinyanyikan penyanyi lain, bukan penyanyi aslinya.

Didi Kempot menyadari kondisi tersebut. Sampai saat ini Didi Kempot juga belum pernah mendapatkan royalti sebagai pencipta lagu atau pemegang hak cipta atas lagu-lagu hitsnya.

"Harapan saya sih dapat. Tapi sejauh ini belum," kata Didi Kempot.

Sekali lagi, lanjutnya, "Nggak apa-apa kalau lagu saya dicover. Tapi hati-hati. (Kalau tidak izin) Dosaku sama anak cucuku, kamu yang ambil ya," ungkap Didi Kempot tertawa.
 

Editor: Fajar Anjungroso
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved