Sukses Black Dragon Sumbar dan Para Juara Sawahlunto Derby 2007-2019

Kejuaraan Pacuan Kuda Tingkat Nasional Sawahlunto Derby XIII sukses diselenggarakan pada Minggu (8/12/2019) di Sawahlunto, Sumatera Barat.

Sukses Black Dragon Sumbar dan Para Juara Sawahlunto Derby 2007-2019
dok. Pordasi Sawahlunto
Black Dragon Pertahankan Mitos Sukses Kuda Sumbar di Pacuan Sawahlunto Derby

TRIBUNNEWS.COM, SAWAHLUNTO - Kejuaraan Pacuan Kuda Tingkat Nasional Sawahlunto Derby XIII sukses diselenggarakan pada Minggu (8/12/2019) di Sawahlunto, Sumatera Barat.

Ini merupakan event pamungkas terbesar dalam kalender kegiatan Komisi Pacuan Kuda PP Pordasi tahun 2019.

Sekreraris Komisi Pacuan Kuda PP Pordasi, Noviardi Sikumbang, mengikuti penyelenggaraan Sawahlunto Derby ini sejak awal. Dia juga menjadi salah satu saksi dari keperkasaan kuda Black Dragon dari Bukittinggi menjadi yang pertama menerabas garis finis kelas paling bergengsi dan dinanti: Kelas 3 Tahun Derby jarak 1500 meter.

Keberhasilan Kuda Black Dragon Sumbar sekaligus memperpanjang pencapaian kuda-kuda tuan rumah di event ini. Artinya, hingga Sawahlunto Derby yang ke XIII ini, misteri tentang mitos Juara belum terpecahkan.

"Entah sampai kapan kuda peserta diluar tuan rumah Sumbar dapat mengukir sejarah ? Mari kita tunggu hingga tahun depan dan seterusnya," tulis Noviardi dari Gelanggang Pacuan Kuda Kandih, Kota Sawahlunto, Senin (9/11) pagi.

Dari informasi yang diperoleh Irsal Saha, Ketua Pengcab Pordasi Kota Sawahlunto, persaingan di Kelas 3 Tahun Derby jarak 1500 meter diikuti 12 kuda. Ke-12 kuda di final Kejuaraan Pacuan Kuda Tingkat Nasional Bank Nagari Sawahlunto Derby Tahun 2019 semakin memanaskan Gelanggang Pacuan Kuda Kandih Kota Sawahlunto yang resmi dibuka Tahun 2006 bertepatan HUT PORDASI ke 40 oleh Bapak Amran Nur Walikota Sawahlunto saat itu.

Sampai saat ini Pordasi Kota Sawahlunto yang didukung sepenuhnya oleh Pemko Sawahlunto secara teratur terus menggelar event kegiatan Sawahlunto Derby sebagai salah satu event Nasional yang saat ini telah memasuki tahun ke XIII bertepatan dengan HUT Kota Sawahlunto yang ke 131 Tahun 2019

Hasil akhir final Kelas Derby 3 Tahun jarak 1500 meter, sebagai berikut:

1. Black Dragon Sumbar (Bukittinggi Agam/Sumbar/Amril Jaelani).
2. Al Fatih Srigunting (Sawalunto/Deri Asta, SH).
3. Gayo Tanseran Tasik (Aceh/Grand Panermas Stable).
4. Puma (Bukittinggi Agam/Malindo Stable).
5. Merah Agogo (Bukittinggi Agam/ Sumbar/Toko Mas Ramina).
6. Red Hard (Bukittinggi Agam/Guti Stable).
7. Gadis Impian (Sawahlunto/Irsal Saha)
8. Kamasilan (Jatim/H.Mochamad Ru'i/ Bintang Madura Stable).
9. Bunian Sky (Bukittinggi Agam/Emeral Stable).
10. Putri Pagaran (Tapanuli Utara/Sumut/Drs.Nikson Nababan, M.Si--Bupati Taput).
11. Badoray Sky (Bukittinggi Agam/Budi Jaya Stable).
12. Rubicon (Solok/ Sumbar/Benny Benosh).

Dengan demikian, dari ke-12 finalis di atas, hanya tiga kuda yang bukan berasal dari Sumbar. Yakni, Kamasilan (Jatim), Gayo Tanseran (Aceh), dan Putri Pagaran (Sumut).

Halaman
123
Editor: Toni Bramantoro
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved