Breaking News:

Olimpiade 2021

Diawali Susy Susanti ke Greysia/Apriyani, Berikut Pebulutangkis Indonesia yang Raih Emas Olimpiade

Sejak kali pertama cabang bulutangkis dipertandingkan di Olimpiade Barcelona 1992, para atlet Indonesia tercatat telah merebut delapan medali emas.

Alexander NEMENOV / AFP
Atlet Indonesia Apriyani Rahayu (kanan) dan Greysia Polii Indonesia berpose dengan medali emas bulu tangkis ganda putri mereka pada upacara selama Olimpiade Tokyo 2020 di Musashino Forest Sports Plaza di Tokyo pada 2 Agustus 2021. 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Pasangan Greysia Polii / Apriyani Rahayu sukses mempersembahkan medali emas dari cabang bulu tangkis nomor ganda putri Olimpiade Tokyo.

Sejak kali pertama cabang bulutangkis dipertandingkan di Olimpiade Barcelona 1992, para atlet Indonesia tercatat telah merebut delapan medali emas.

Susy Susanti menjadi yang pertama. Dia meraih medali emas di nomor tunggal putri pada Olimpiade 1992 Barcelona.

Pada perhelatan yang sama, Alan Budikusuma yang turun di nomor tunggal putra juga sukses membawa pulang medali emas.

Empat tahun berselang, giliran pasangan ganda putra Rexy Mainaky/Ricky Subagja yang meraih podium tertinggi di Olimpiade Atlanta 1996.

Medali emas kembali didapatkan Indonesia di nomor ganda putra pada Olimpiade Sydney 2000. Kali ini berkat Tony Gunawan/Candra Wijaya.

Taufik Hidayat (tunggal putra) melanjutkan tradisi emas Indonesia di cabor badminton Olimpiade empat tahun setelahnya, yakni pada perhelatan Olimpiade Athena 2004.

Selanjutnya, pada Olimpiade Beijing 2008, Markis Kido/Hendra Setiawan menyumbang medali emas untuk Indonesia di nomor ganda putra.

Tradisi emas Indonesia di cabor bulu tangkis Olimpiade sempat terhenti pada 2012 (London). Tim badminton Indonesia pulang tak membawa medali satu pun saat itu.

Namun, pada Olimpiade Rio 2016, kembali meraih medali emas melalui Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir yang turun di nomor ganda campuran.

Halaman
1234
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved