Liga 1

Cerita Soal Perangkat Tak Biasa di Dada Wasit pada Laga Persebaya Vs Persis Solo

Pada laga bertajuk 'Persebaya Forever Game' itu, wasit menggunakan perangkat yang tak lazim dalam pertandingan

Cerita Soal Perangkat Tak Biasa di Dada Wasit pada Laga Persebaya Vs Persis Solo
SURYA.co.id/Ndaru Wijayanto
Pada laga bertajuk 'Persebaya Forever Game' itu, wasit menggunakan perangkat yang tak lazim dalam pertandingan, yakni mengenakan kamera GoPro, tepat dipasang di dada wasit. 

TRIBUNNEWS.COM, SURABAYA - Hal unik terjadi saat laga persahabatan antara Persebaya Surabaya vs Persis Solo di Stadion Gelora Bung Tomo, Sabtu (11/1/2020) lalu.

Pada laga bertajuk 'Persebaya Forever Game' itu, wasit menggunakan perangkat yang tak lazim dalam pertandingan, yakni mengenakan kamera GoPro, tepat dipasang di dada wasit.

Kamera GoPro terpasang sejak menit awal hingga akhir pertandingan, di mana Persebaya mencatatkan skor 4-0 atas Persis Solo.

Menurut Media Officer Persebaya, Nanang Prianto, penggunaan 'refeere cam atau kamera pada wasit hanya sebatas untuk keperluan hiburan saja.

Baca: Update Kabar Transfer Persib: Fabiano Beltrame Aman, Tak Perlu Lagi Adaptasi

Baca: Daftar Nama 59 Pemain yang Dipanggil Ikut Seleksi Timnas Indonesia U-19: Satu Pemain Klub Inggris

Baca: Persib Resmi Ikat Tujuh Pemain: Dikontrak Dua Tahun, Berikut Daftar Namanya

Sebab output dari pemasangan kamera di dada wasit, akan ada video tentang sudut pandang pengadil lapangan saat memimpin laga persahabatan itu.

Video tersebut telah tayang di akun youtube Persebaya pada Minggu (12/1/2020) kemarin dengan judul 'Referee Cam | Menyaksikan Persebaya Forever Game Dari Sudut Pandang Wasit'.

"Ini tidak ada kaitannya soal VAR atau apalah. Tapi cuma ingin berikan tayangan ke Bonek dari sudut pandang wasit dan idenya dari teman panpel saja," kata Nanang.

Nanang mengaku ide ini tidak murni dari panpel Persebaya, karena terinspirasi dari laga persahabatan lain yang juga pernah menggunakan referee cam.

Saat coba ditelusuri, memang Persebaya bukan satu-satunya, karena dua tahun silam laga antara MLS All Star vs Real Madrid lebih dulu menggunakan referee cam.

Tapi Nanang tidak akan menolak bila nantinya refeere cam bisa diterapkan sebagai alat bantu wasit saat memimpin laga resmi seperti Liga 1 musim 2020 ini.

"Kalau nantinya itu (referee cam) bisa bantu wasit dan match komisioner untuk mencari siapa yang berperilaku tidak baik atau hal lain ya tidak apa-apa," ujarnya.

Artikel ini telah tayang di surya.co.id dengan judul Ini Alasan Wasit Pakai Refeere Cam Saat Laga Persebaya Lawan Persis Solo, https://surabaya.tribunnews.com/2020/01/13/ini-alasan-wasit-pakai-refeere-cam-saat-laga-persebaya-lawan-persis-solo.

Editor: Hasiolan Eko P Gultom
Sumber: Surya
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved