Piala Dunia 2022

Sorotan Piala Dunia 2022 - Momentum Gareth Southgate Bawa Timnas Inggris Pecahkan Kutukan Juara

Gareth Southgate selaku pelatih Timnas Inggris mendapat kesempatan menarik untuk memecahkan kutukan timnya di panggung Piala Dunia 2022.

Penulis: Dwi Setiawan
Editor: Claudia Noventa
ALBERTO LINGRIA / POOL / AFP
Pemain depan Inggris Harry Kane (kiri) berbicara dengan pelatih Inggris Gareth Southgate dalam laga perempat final UEFA EURO 2020 antara Ukraina dan Inggris di Stadion Olimpiade di Roma pada 3 Juli 2021. Momentum Southgate bawa Inggris pecahkan kutukan di Piala Dunia 2022. 

TRIBUNNEWS.COM - Beberapa sorotan menarik Piala Dunia 2022 diantaranya menyoal peluang Timnas Inggris sebagai salah satu kandidat juara turnamen dengan skuat mewahnya.

Tak hanya itu saja, Piala Dunia 2022 seakan menjadi momentum bagi Timnas Inggris untuk memecahkan kutukan yang selama ini melekat dengan The Three Lions.

Gareth Southgate selaku pelatih Timnas Inggris kini memiliki kesempatan terbaik untuk memecahkan kutukan timnya di panggung Piala Dunia 2022, November mendatang.

Pelatih Timnas Inggris, Gareth Southgate saat mendampingi timnya melawan Pantai Gading di stadion Wembley, 29 Maret 2022. Momentum Southgate bawa Inggris pecahkan kutukan di Piala Dunia 2022.
Pelatih Timnas Inggris, Gareth Southgate saat mendampingi timnya melawan Pantai Gading di stadion Wembley, 29 Maret 2022. Momentum Southgate bawa Inggris pecahkan kutukan di Piala Dunia 2022. (GLYN KIRK / AFP)

Baca juga: Didier Deschamps, Arsitek Andal Timnas Perancis yang Dihantui Kutukan Piala Dunia

Perlu diketahui terlebih dahulu bahwa ada banyak kutukan yang kerapkali menghiasi ajang Piala Dunia dalam setiap edisinya.

Kutukan juara bertahan yang selalu gagal di panggung Piala Dunia edisi berikutnya menjadi salah satu kutukan yang terkenal.

Jauh sebelum itu, ada sebuah kutukan yang tak kalah terkenal yang menimpa Timnas Inggris sejak memenangkan Piala Dunia 1966.

Kutukan Timnas Inggris Saat Beraksi di Piala Dunia, Tantangan Southgate di Qatar

Adapun kutukan yang dimaksud yakni Inggris disumpah tidak akan menjadi juara Piala Dunia lagi setelah kemenangan pada edisi tersebut.

Kutukan itu hadir setelah Timnas Jerman merasa dirugikan dengan gol Inggris yang dianggap tidak melewati garis gawang di final Piala Dunia 1966 silam.

Entah benar atau tidak kutukan tersebut, nyatanya Inggris memang tidak pernah menjadi juara Piala Dunia sampai dengan periode saat ini.

Tak hanya itu saja, Timnas Inggris bahkan tak pernah sekalipun mencicipi partai final Piala Dunia hingga kini.

Kutukan itulah yang barangkali membuat para penggemar The Three Lions merasa khawatir setiap kali timnya bertanding di Piala Dunia.

Hanya saja kutukan itu bisa saja musnah lantaran keberadaan Gareth Southgate dengan skuat mewah yang ia miliki bersama Timnas Inggris di Piala Dunia 2022.

Meskipun belum bisa menghadirkan gelar juara, kesuksesan Southgate membawa Timnas Inggris tembus semifinal Piala Dunia 2018 dan final Euro 2020 menjadi tanda bagus performa The Three Lions.

Kini, tantangan besar akan dihadapi Southgate saat membersamai Inggris di panggung Piala Dunia 2022 yang berlangsung di Qatar, akhir tahun ini.

Bek Inggris Luke Shaw (tengah) melakukan selebrasi setelah mencetak gol pertama pada pertandingan final sepak bola UEFA EURO 2020 antara Italia dan Inggris di Stadion Wembley di London pada 11 Juli 2021.
Bek Inggris Luke Shaw (tengah) melakukan selebrasi setelah mencetak gol pertama pada pertandingan final sepak bola UEFA EURO 2020 antara Italia dan Inggris di Stadion Wembley di London pada 11 Juli 2021. (JOHN SIBLEY / POOL / AFP)

Southgate setidaknya harus bisa membawa timnya lolos dari babak penyisihan terlebih dahulu sebelum melangkah sejauh mungkin di Piala Dunia 2022.

Inggris sendiri dipastikan akan tergabung dengan Grup B, bersama Amerika Serikat, Iran dan Wales.

Di atas kertas, Inggris tentu dijagokan lolos dengan mulus ke babak 16 besar, jika melihat skuat mewah yang mereka miliki pada generasi saat ini.

(Tribunnews.com/Dwi Setiawan)

Sumber: TribunSolo.com
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved