Tips Techno

Kiat Merawat UPS Agar Awet

UPS biasanya berhasil menjaga pasokan listrik untuk tetap stabil dan tidak naik turun.

Kiat Merawat UPS Agar Awet
AMAZON.COM
UPS (Uninterruptible Power Supply 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA- Baterai UPS (Uninterruptible Power Supply) umumnya memiliki umur sekitar 3 sampai dengan 5 tahun jika digunakan dalam kondisi yang ideal.

Namun, seperti apakah kondisi ideal tersebut? Apakah umurnya bisa diperpanjang lebih dari kondisi ideal?

Sebagaimana kita ketahui, salah satu musuh utama dari perangkat elektronik adalah kualitas listrik. Terutama di Indonesia yang sangat menjunjung tinggi aksi Earth Hour, karena belum semua daerah mendapatkan konsumsi listrik sehingga masih kerap kali terjadi pemadaman listrik secara berkala.

Hal ini berakibat kepada rentannya perangkat elektronik kita karena listrik yang bisa tiba-tiba naik turun voltasenya, atau bahkan mati mendadak.

Terutama pada perangkat komputer yang membutuhkan waktu untuk menyala maupun dimatikan, sehingga jika listrik putus mendadak maka akan merusak banyak komponen di dalamnya akibat tidak dimatikan dengan benar.

Untuk mencegah kerusakan akibat listrik, umumnya kita menggunakan UPS (bukan USB ya) sebagai alat yang akan menjaga aliran listrik ke perangkat elektronik kita.

UPS biasanya berhasil menjaga pasokan listrik untuk tetap stabil dan tidak naik turun, serta bisa menjaga perangkat elektronik untuk tetap hidup meskipun listrik tiba-tiba mati.

Semua itu berkat adanya baterai di dalamnya. Namun, seperti baterai pada umumnya, UPS juga memiliki batas umur pemakaian.

Umur pemakaian tersebut berkisar di antara 3 sampai 5 tahun jika UPS digunakan di dalam kondisi ideal. Namun, seperti apakah kondisi ideal yang dimaksud? Ada tiga faktor yang menentukan dari kondisi ideal tersebut:

Penempatan Unit - Posisi kita menaruh UPS sangat menentukan panjangnya umur pemakaiannya. UPS tidak boleh ditaruh di dekat jendela terbuka maupun di tempat yang memiliki kelembaban yang tinggi.

Halaman
12
Editor: Choirul Arifin
Sumber: Chip
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved