Mengetes Baterai Smartphone 3 Jutaan OPPO A9 2020, Bisa Tahan 2 Hari?

Menurun kabar yang beredar, smartphone 3 jutaan OPPO A9 2020 bisa bertahan 2 hari hanya dengan sekali pengisian daya saja.

Mengetes Baterai Smartphone 3 Jutaan OPPO A9 2020, Bisa Tahan 2 Hari?
TRIBUNNEWS.COM/Firda Fitri Yanda
OPPO A9 2020, smartphone 3 jutaan dengan kapasitas baterai besar yang ada dipasaran saat ini. 

TRIBUNNEWS.COM – Sedang mencari smartphone 3 jutaan yang jago multitasking dan punya baterai besar? OPPO A9 2020, smartphone OPPO yang diluncurkan beberapa waktu lalu mungkin bisa jadi pilihan tepat.

Jika dilihat dari spesifikasi OPPO A9 2020, perangkat ini memang layak disebut sebagai smartphone multitasking. Itu karena smartphone ini punya RAM 8GB yang mampu menjalankan multitasking ringan hingga multitasking yang sangat intens, yakni membuka banyak aplikasi sekaligus terasa lebih lancar dan bebas lag.

Perlu diketahui, semakin besar RAM yang dimiliki suatu smartphone, maka kemampuannya dalam membuka banyak aplikasi sekaligus semakin cepat, karena RAM adalah memori yang digunakan saat membuka aplikasi, sehingga mudah diakses oleh prosesor.

Namun sayangnya, aktivitas multitasking seperti ini memang dapat menguras daya secara cepat. Tapi jangan khawatir! OPPO A9 2020 punya kapasitas baterai besar, yakni 5000mAh yang rumornya bisa membuatnya bertahan hingga 2 hari dalam sekali pengisian dengan pemakaian standar sehari-hari.

Tapi benarkah demikian? Untuk membuktikannya, tim Tribunnews mencoba menggunakan smartphone multitasking selama dua hari.

Hari Pertama

Setelah diisi hingga daya 100 persen, smartphone baterai besar ini kami bawa untuk menemani perjalanan pulang kantor. Sepanjang perjalanan, OPPO A9 2020 digunakan untuk mendengarkan musik di spotify, bermain game kelas berat PUBG, memainkan video di Youtube, dan membuka instagram.

Berkat fitur Dolby Atmos yang dimilikinya, suara yang dimiliki smartphone 3 jutaan ini terdengar jernih dan sangat jelas baik dari segi vokal, bass, dan treble. Hal ini tentu saja jadi nilai plus bagi mereka yang suka mendengarkan lagu beragam genre, dan hobi menonton film lewat smartphone baterai besar ini.

Sembari mendengarkan lagu secara streaming di spotify, kami juga membuka aplikasi instagram dan melihat instastory terbaru dari teman terdekat.

Setelah puas, tanpa menutup aplikasi instagram, kami pun ingin menghabiskan waktu diperjalanan secara seru dengan bermain PUBG. Setelah selesai bermain selama 32 menit dan hanya berada di posisi 2 saja (sayang tak dapat Winner Winner Chicken Dinner), kami kembali mendengarkan lagu di spofity sembari melihat video-video pada Youtube.

Walaupun aplikasi yang digunakan tak ditutup, OPPO A9 2020 mampu membuktikan diri dengan kecepatannya dalam membuka aplikasi.
Walaupun aplikasi yang digunakan tak ditutup, OPPO A9 2020 mampu membuktikan diri dengan kecepatannya dalam membuka aplikasi. (TRIBUNNEWS.COM/Firda Fitri Yanda)

Walaupun tak menutup aplikasi yang sebelumnya telah dibuka, membuka Youtube pada smartphone multitasking ini masih terasa cepat, bahkan kurang dari satu detik saja.

Bahkan tanpa banyak diumbar pada spesifikasi OPPO A9 2020 yang telah beredaran, smartphone baterai besar ini ternyata memiliki fitur split screen yang memungkinkan kami untuk membuka 2 aplikasi sekaligus dalam 1 layar.

Multitasking dengan fitur split screen menggunakan OPPO A9 2020.
Multitasking dengan fitur split screen menggunakan OPPO A9 2020. (TRIBUNNEWS.COM/Firda Fitri Yanda)

Hal ini memudahkan kami, yang selalu kepo tentang video yang ditonton, untuk mencari tahu tentang lirik lagu yang didengarkan, atau sekedar ulasan dari cuplikan film yang dilihat pada Youtube.

Rasa jengkel akibat posisi keyboard yang selalu menutup salah satu jendela tak kami temukan dalam OPPO A9 2020. Hal ini disebabkan posisi keyboard berada melayang ditengah-tengah layar sehingga tak menutup salah satu jendela yang ada.

Setelah menemani perjalanan pulang selama dua jam lamanya. Dari sekitar 100 persen, daya tahan baterai hanya berkurang 10 persen saja, alias masih tersisa 90 persen.

Hari Kedua

Puas menjajal smartphone baterai besar ini pada hari pertama, pada hari kedua, daya baterai tersisa 80 persen, berkurang 10 persen dalam waktu semalam karena kami gunakan untuk chatting dan mengupdate beberapa aplikasi yang ada, kami menggunakan smartphone 3 jutaan ini untuk kembali mendengarkan lagu selama perjalanan menuju tempat kerja.

Mendengarkan lagu selama 1,5 jam, sembari bermain PUBG selama setengah jam (total penggunaan 2 jam), ketika sampai di kantor baterai hanya berkurang 9 persen menjadi 71 persen.

Pada waktu jam makan siang, smartphone multitasking ini kami gunakan kembali untuk memesan taksi online, dan tentu saja memotret makanan yang kami santap saat makan siang. Foto yang dihasilkan pun terlihat jernih berkat 4 kamera yang dimilikinya, yakni kamera utama 48MP, kamera Ultra Wide Angle 8MP, kamera portrait (bokeh) 2MP, dan kamera mono 2MP.

Hasil foto bokeh OPPO A9 2020.
Hasil foto bokeh OPPO A9 2020. (TRIBUNNEWS.COM/FIRDA FITRI YANDA)

Menggunakan fitur bokeh foto yang ditangkap dari smartphone 3 jutaan ini, foto terlihat lebih artistik. Memotret makanan pun terlihat menarik dan menggiurkan berkat lensa makro yang dimilikinya. Tak lupa kami membuka instagram dan google news selama makan siang ini.

Hasil foto makro lens OPPO A9 2020
Hasil foto makro lens OPPO A9 2020 (TRIBUNNEWS.COM/Firda Fitri Yanda)

Dari penggunaan hingga sampai pulang kantor, baterai smartphone hanya berkurang sekitar 7 persen saja alias tinggal 62 persen.

Jika dibayangkan dengan penggunaan seperti di atas (kurang lebih selama 24 jam), tentu saja klaim yang diungkapkan OPPO jika OPPO A9 2020 dapat bertahan selama 2 hari penuh tak sekedar isapan jempol belakang.

Makanya tak mengherankan jika dengan harga 3 jutaan alias Rp 3.999.000, dan dengan spesifikasi OPPO A9 2020 yang sangat mendukung multitasking ini membuat smartphone multitasking ini mencatat rekor baru dengan penjualan sebanyak 500 unit per jamnya.

Editor: Advertorial
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved