Tips Tangani Ponsel yang Tercebur Air Saat Terjadi Banjir

Saat mengelap, usahakan agar ponsel tidak banyak bergerak. Hal ini untuk mencegah air yang tercecer semakin luas.

Tips Tangani Ponsel yang Tercebur Air Saat Terjadi Banjir
ANDROID AUTHORITY
Saat tercebur karena banjir, segera angkat ponsel dari rendaman air. Hal ini penting untuk mencegah air merembes ke komponen ponsel dalam waktu singkat. 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Sejumlah wilayah di Jakarta, Tangerang dan Bekasi terendam banjir sejak Rabu (1/1/2020) kemarin. Banjir dilaporkan masih menggenang sejumlah kawasan hingga Kamis (2/1/2020).

Banyak warga yang bergegas menyelamatkan harta bendanya dari terjangan air, termasuk barang-barang elektronik yang rentan mati apabila terendam, seperti smartphone yang digenggam setiap hari.

Sebagian smartphone, terutama model high-end, sudah dibekali dengan kemampuan tahan air sesuai rating sertifikasi Ingress Protection (IP) masing-masing.

Namun, bagaimana jika ponsel tidak memiliki kapabilitas tersebut dan tercemplung atau terendam di air? Jangan pasrah dulu, masih ada langkah-langkah penyelamatan yang bisa dicoba.

Ikuti selengkapnya sebagai berikut.

1. Cepat keluarkan smartphone dari dalam air

Segera angkat ponsel dari rendaman air. Hal ini penting untuk mencegah air merembes ke komponen ponsel dalam waktu singkat. Jangan ditunda, sebab jika tidak segera diambil, peluang smartphone untuk selamat akan semakin tipis.

2. Matikan ponsel

Setelah smartphone keluar dari dalam air, segera matikan ponsel apabila masih menyala. Hal ini penting untuk mencegah hubungan pendek arus listrik.

Jangan coba menyalakan ponsel lagi sebelum benar-benar kering sepenuhnya.

Halaman
1234
Editor: Choirul Arifin
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved