Virus Corona

Kamera Genggam Ini Bisa Digunakan untuk Ukur Suhu Tubuh Tanpa Risiko Tertular Corona

Hikvision Thermal Camera for Corona ini bisa diletakkan dengan bantuan tripod atau penyangga.

Kamera Genggam Ini Bisa Digunakan untuk Ukur Suhu Tubuh Tanpa Risiko Tertular Corona
DOK.
Kiri ke kanan: Technical Support Manager PTI Witanto; Project Sales Manager Hikvision, Maxwell Wang; Persident Director BIGI Nicko Christian dan Reza, Project Sales Manager PTI, menunjukkan peranti Hikvision Thermal Camera for Corona, kamera thermal genggam yang dirancang khusus untuk pengukuran suhu tubuh. 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Meluasnya wabah virus Covid-19 atau virus corona di Indonesia saat ini benar-benar mengkhawatirkan karena korban yang terinfeksi dari hari ke hari terus bertambah. Begitu juga korban meninggal akibat virus ganas asal Wuhan, China, ini. 

Virus corona merupakan virus yang menyerang sistem pernapasan manusia. WHO telah menyatakan virus Corona sebagai pandemi global.

Artinya, virus Corona telah menyebar ke hampir seluruh dunia dan akan banyak populasi dunia kemungkinan akan terkena infeksi dari virus ini.

Kini hampir semua fasilitas umum seperti pusat perbelanjaan, rumah sakit, sekolah, perkantoran, bandara, pelabuhan, terminal dan lainnya memberlakukan regulasi: setiap orang yang masuk harus di cek suhu tubuh menggunakan peranti thermo gun atau alat pendeteksi suhu tubuh yang dilakukan oleh petugas keamanan atau petugas yang berjaga di tempat tersebut.

Pertanyaannya, apakah dengan cara itu aman untuk semua orang? Petugas keamanan memiliki resiko tinggi tertular karena thermo gun yang digunakan dalam jarak dekat.

Bagaimana dengan kesehatan pengunjung yang diperiksa menggunakan thermo gun?

Thermo gun yang dipakai dalam jarak dekat juga beresiko menularkan virus tersebut dari satu pengunjung ke pengunjung lainnya.

Baca: Bill Gates: Virus Corona Patogen yang Muncul Sekali dalam Satu Abad

Menyikapi masalah tersebut, produsen brand Security & Surveillance terbaik asal Tiongkok, Hikvision berinovasi dengan menawarkan solusi mencegah penyebaran corona berupa Hikvision Thermal Camera for Corona, sebuah kamera thermal genggam yang dirancang khusus untuk pengukuran suhu tubuh.

Baca: Fraksi PPP Minta Gaji Anggota DPR Dipotong untuk Anggaran Penanganan Corona

Nicko Christian, Persident Director PT BIGI Multi Internasional (BIGI.ID) perusahaan penyedia solusi industri keamanan yang mendistribusikan produk ini di Indonesia menyatakan, Hikvision Thermal Camera for Corona dilengkapi dengan detektor termal resolusi 160 × 120. Membantu mendeteksi demam dengan cepat.

Baca: Cerita Tentang Sidang Skripsi Ditunda Setelah Pegawai Kampus Positif Terinfeksi Virus Corona

"Fungsi thermografi mendeteksi suhu realtime dengan tingkat akurasi ±0.5°C dan menampilkannya di layar," ujar Nicko Christian.

Dia menjelaskan, Hikvision Thermal Camera for Corona ini bisa diletakkan dengan bantuan tripod atau penyangga, sehingga tidak perlu membutuhkan bantuan orang untuk menggenggamnya dan dapat mendeteksi dengan jarak deteksi antara 0.8 - 1.5 meter.

Dengan demikian, meminimalisir resiko penularan terhadap petugas keamanan maupun pengunjung lainnya.

Produk ini direkomendasikan untuk digunakan pada pintu masuk shopping mall,
rumah sakit, sekolah, perkantoran, bandara, pelabuhan, terminal, stasiun, tempat ibadah, dan fasilitas umum lainnya.

Selain teknologi diatas, Hikvision Thermal Camera for Corona dilengkapi dengan kartu memori untuk menyimpan foto yang direkam dan data penting yang dapat digunakan langsung tanpa perlu instalasi khusus (no installation needed).

Di Indonesia, produk ini didistribusikan oleh PT BIGI Multi Internasional (BIGI.ID), di bawah grup usaha PTI Group yang selama ini dikenal sebagai perusahaan penyedia solusi industri keamanan.

Penulis: Choirul Arifin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved