Breaking News:

Komisi Anti-Persaingan Usaha Uni Eropa Investigasi Praktik Bisnis Apple Pay dan App Store

Regulator menilai aturan baru yang diterapkan layanan raksasa teknologi Apple inc. dapat melanggar aturan persaingan UE.

Business Insider
Uni Eropa (UE) telah meluncurkan dua investigasi antitrust terhadap Apple terkait aturan yang diberlakukan dalam App Store dan platform Apple Pay. 

Laporan Wartawan Tribunnews, Fitri Wulandari

TRIBUNNEWS.COM, BRUSSELS - Uni Eropa (UE) telah meluncurkan dua investigasi antitrust terhadap Apple terkait aturan yang diberlakukan dalam App Store dan platform Apple Pay.

Regulator menilai aturan baru yang diterapkan layanan raksasa teknologi Apple inc. dapat melanggar aturan persaingan UE.

Salah satu pertanyaan yang secara resmi dibuka oleh Badan Eksekutif Uni Eropa pada hari Selasa kemarin adalah mengenai persyaratan wajib bagi app developer untuk menggunakan sistem pembelian dalam aplikasi Apple.

Sementara sistem yang lain diatur untuk meninjau pembatasan perusahaan pada kemampuan pengembang dalam memberitahu pengguna iPhone dan iPad tentang kemungkinan pembelian yang lebih murah di luar aplikasi tersebut.

Seperti yang disampaikan Wakil Presiden Eksekutif UE Margrethe Vestager dalam sebuah pernyataannya.

Baca: UNBOXING Samsung Galaxy A11, Harga Hemat untuk yang Lebih Pentingin Tampilan Ponsel

"Tampaknya Apple memperoleh peran sebagai penjaga gerbang (gatekeeper) bagi yang bersinggungan dengan distribusi aplikasi dan konten untuk pengguna perangkat populer Apple," kata Vestager.

UE perlu memastikan bahwa Apple tidak membatasi persaingan, saat perusahaan itu bersaing dengan pengembang aplikasi lainnya.

Baca: Kolaborasi dengan Disney, Oppo Luncurkan Enco W11 Disney and Pixar’s Toy Story Edition

Dikutip dari laman Russia Today, Rabu (17/6/2020), Komisi UE telah menerima beberapa keluhan terkait masalah ini, termasuk keluhan dari salah satu layanan streaming musik Swedia populer Spotify, yang secara langsung bersaing dengan Apple Music.

Keluhan lainnya juga muncul dari saingan yang lebih kecil dari Apple Book app pada Maret 2020.

Baca: Promo Terbaru dari Vivo, Smartphone Vivo Y50 Kini Dibanderol Rp 3,499 Juta dan Berlimpah Bonus

Halaman
12
Penulis: Fitri Wulandari
Editor: Choirul Arifin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved