Breaking News:

Mengenal Teknologi IPFS, Revolusi Jaringan Internet Masa Depan dalam Genggaman

Teknologi ini hadir sebagai solusi penyimpanan data yang lebih terjamin aman dibandingkan dengan penyimpanan data terpusat yang ada saat ini.

IST
ILUSTRASI 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Eko Sutriyanto

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Perkembangan teknologi blockchain di berbagai bidang terus berevolusi memberikan solusi dan inovasi baru.

Salah satu inovasi tersebut datang dengan sebutan Inter Planetary File System (IPFS).

Teknologi ini hadir sebagai solusi penyimpanan data yang lebih terjamin aman dibandingkan dengan penyimpanan data terpusat yang ada saat ini.

Tidak seperti teknologi internet Hypertext Transfer Protocol (HTTP) yang penyimpanan datanya berada di satu server terpusat dan diakses berdasarkan alamat lokasi data tersebut, IPFS dengan dasar teknologi jaringan blockchain dapat menyimpan s6ecara terdesentralisasi dan tentunya lebih aman dengan teknologi enkripsi yang menyertainya.

Saat ini penggunaan IPFS menjadi sangat penting, pasalnya penyimpanan data terpusat sangat rentan terhadap penyalahgunaan akses dan dapat diblokir sewaktu-waktu tanpa adanya persetujuan dari penggunanya.

Baca: Indonesia Blockchain Week 2020 akan Fokus Bahas Decentralized Finance

Filecoin sebagai platform berbasis blockchain juga menggunakan teknologi IPFS dan memungkinkan penggunanya menyewa tempat penyimpanan data secara terdesentralisasi.

Lebih lagi, baru-baru ini perusahaan yang mendapatkan aliran dana sebesar 257 miliar USD saat ICO pada 2017 tersebut, akan segera meluncurkan mainnet ke publik.

Baca: Integrasikan Ekosistem Properti Global dengan Mata Rantai Blockchain

"Namun sebelum hal tersebut dilaksanakan, Filecoin sudah meluncurkan testnet bernama Space Race yang memungkinkan pengguna sekaligus pengembang untuk ikut berpartisipasi menguji operasi jaringan pada kapasitas tinggi," kata Filecoin melalui siaran pers resminya kepada Tribunnews, Jumat (4/9/2020), .

Tujuan dari testnet ini untuk memastikan jaringan tetap aman dan kuat saat nanti resmi diluncurkan ke publik. Serta, membantu menghindari kesalahan jaringan yang ada, walaupun kesalahan kecil sekalipun.

Halaman
12
Editor: Choirul Arifin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved